Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan milik Elon Musk di bidang teknologi kecerdasan buatan (AI) xAI meluncurkan Grok-2 dan Grok2 mini dalam versi beta dengan kemampuan penalaran yang telah ditingkatkan.

Dilansir dari Tech Crunch pada Rabu, model AI terbaru ini juga memiliki kemampuan baru yakni bisa menghasilkan gambar di jejaring sosial X meskipun saat ini Grok hanya tersedia untuk pengguna X Premium dan Premium+.

"Kami dengan bangga merilis pratinjau awal Grok-2, sebuah langkah maju yang signifikan dari model sebelumnya, Grok-1.5, dengan kemampuan lebih unggul dalam percakapan, pengkodean, dan penalaran," kata xAI dalam keterangannya tentang Grok-2.

Baca juga: Pemegang saham Tesla gugat Elon Musk karena lebih fokus pada xAI

Baca juga: Elon Musk akan bangun supercomputer untuk pengembangan chatbot AI Grok


"Bersamaan dengan itu, kami juga memperkenalkan Grok-2 mini, versi kecil namun tetap mumpuni dari Grok-2. Versi awal Grok-2 telah diuji pada LMSYS leaderboard dengan nama "sus-column-r", tambahnya.

Perusahaan teknologi itu juga berencana untuk menyediakan Grok-2 dan Grok-2 mini untuk pengembang melalui API perusahaan pada akhir bulan ini.

Dari gambar-gambar yang dihasilkan pengguna menunjukkan bahwa fitur pembuatan gambar Grok tidak memiliki batasan terkait ilustrasi yang menggambarkan figur politik dimana celah ini banyak dimanfaatkan oleh pengguna.

Sayangnya, saat ini masih sedikit detail yang menjabarkan kemampuan sebenarnya dari Grok-2. Peneliti aplikasi Nima Owji mengklaim Grok-2 memiliki kemampuan lebih baik dalam membuat kode, menulis, dan merangkum berita.

Baca juga: Elon Musk bakal hadirkan chatbot AI Grok ke lebih banyak pelanggan X

Baca juga: Elon Musk luncurkan chatbot Grok bagi pelanggan Premium+ platform X

Baca juga: Elon Musk akan integrasikan xAI dengan platform media sosial X


 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024