Yogyakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menerbitkan surat rekomendasi kepada Heroe Poerwadi dan Sri Widya Supena untuk mengusung pasangan itu maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta.

Hal tersebut tertuang dalam surat rekomendasi ditandatangani oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Prananda Surya Paloh dan Sekretaris Bappilu Partai NasDem Willy Aditya pada 13 Agustus 2024.

"Dari sisi kedekatan Mas Pena (Supena) dengan Pak Heroe ini kan sudah cukup lama. Saya kira secara historis kalaupun dipasangkan sudah ada suatu sinergi yang positif jadi tidak dikawinkan secara paksa," kata Ketua DPD Partai NasDem Kota Yogyakarta Sigit Wicaksono saat dikonfirmasi di Yogyakarta, Rabu.

Heroe Poerwadi merupakan Ketua DPD PAN Kota Yogyakarta sekaligus Wakil Walikota Yogyakarta periode 2017-2022, sedangkan Sri Widya Supena merupakan pengusaha yang juga kader Partai NasDem.

Dalam foto surat rekomendasi yang diterima, DPP memerintahkan kepada DPD Partai NasDem Kota Yogyakarta melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain untuk mencari dukungan guna memenuhi persyaratan pencalonan pasangan itu ke KPU Kota Yogyakarta.

Menurut Sigit, dengan dukungan dari NasDem dan Partai Amanat Nasional (PAN), Heroe Poerwadi dan Sri Widya Supena dapat bertarung di kontestasi Pilkada Kota Yogyakarta 2024.

Keduanya saat ini sudah mengantongi delapan kursi atau setara batas minimal pencalonan yakni delapan kursi dari jumlah total 40 kursi DPRD Kota Yogyakarta.

Pada Juli 2024, menurut dia, Partai NasDem melakukan survei independen untuk seluruh bakal calon kepala daerah melalui lembaga nasional dan berdasarkan hasil pemetaan, Partai NasDem bersepakat dengan PAN untuk mengusung pasangan itu di Pilkada Kota Yogyakarta 2024.

"Terkait dengan koalisi, saya kira kami sangat terbuka untuk partai-partai yang lain. Tapi pada prinsipnya kami dengan PAN minimal sudah bisa berangkat untuk mengusung Pak Heroe dengan Mas Pena," kata dia.
Baca juga: Ketua DPP NasDem sebut partainya lebih suka kritik ketimbang pujian
Baca juga: NasDem usung Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah pada Pilkada Aceh 2024
Baca juga: Surya Paloh sebut perempuan layak pimpin Partai NasDem


 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024