Jakarta (ANTARA) - Tingkat hunian Swiss-Belhotel Balikpapan, Kalimantan Timur, milik PT PP Properti Tbk., anak usaha PT PP (Persero) Tbk, meningkat tajam dampak pembangunan IKN.

"Pihak hotel mencatatkan rata-rata okupansi kamar sejak awal Agustus 2024 hingga saat ini (month to date) mencapai hampir 90 persen. Tidak hanya peningkatan okupansi kamar hotel, kebutuhan ruang pertemuan dan ballroom juga mengalami peningkatan tajam yang mencapai hampir 100 persen," kata Direktur Utama PT PP Properti (PPRO) Andek Prabowo dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Swiss-Belhotel Balikpapan menjadi salah satu industri yang berdampak positif terhadap peningkatan okupansi kamar karena adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Persiapan upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang bertemakan "Nusantara Baru, Indonesia Maju" dimana akan digelar di IKN pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang memberikan efek peningkatan yang cukup tajam terhadap kinerja hotel milik PPRO.

Kegiatan tersebut turut berdampak terhadap peningkatan okupansi kamar hotel di Swiss-Belhotel Balikpapan dimana pada bulan Juni lalu pemesanan kamar hotel untuk periode Juli hingga Agustus 2024 telah laris dipesan khususnya untuk acara puncak pada periode 15-18 Agustus 2024.

Hotel yang dimiliki oleh PPRO ini menjadi pilihan utama bagi instansi atau Lembaga pemerintahan yang melakukan kunjungan kerja ke wilayah IKN atau yang mengikuti kegiatan di pusat kota Balikpapan. Swiss-Belhotel Balikpapan merupakan Hotel Bintang 4 milik PPRO yang berlokasi di Jantung Kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Swiss-Belhotel Balikpapan menawarkan akses yang sangat strategis dan pengalaman menginap yang tak tertandingi dengan pemandangan Selat Makassar yang spektakuler.

Terkoneksi langsung dengan Mall Balikpapan Ocean Square yang juga dimiliki oleh PPRO, hotel ini menjadi pilihan ideal bagi para pelancong bisnis maupun wisatawan yang mencari kenyamanan yang eksklusif. Lokasi hotel berjarak sekitar 2,7 km dari Pantai Kemala dan 12 menit berjalan kaki dari Taman Bekapai.

Kota Balikpapan ini memiliki daya tarik yang sangat variatif, menjadikannya pilihan sempurna untuk liburan maupun perjalanan bisnis. Pembangunan IKN di Kalimantan memberikan angin segar dan peluang baru bagi para pelaku industri, pengusaha, dan tenaga kerja lokal yang berada di wilayah tersebut. Pembangunan IKN tidak hanya berdampak terhadap industri hotel, namun juga berdampak positif terhadap industri lainnya, seperti rental mobil hingga UMKM Lokal.

“Pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur menjadi angin segar bagi industri perhotelan dimana hal tersebut sangat berdampak signifikan terhadap peningkatan kinerja hotel kami, yaitu Swiss-Belhotel Balikpapan. Kami optimis hotel yang kami miliki akan menjadi destinasi utama bagi para tamu yang mencari pengalaman menginap yang eksklusif dan strategis di jantung kota Balikpapan,” ujar Andek.

Baca juga: PT PP optimistis Istana Negara IKN bisa untuk upacara 17 Agustus 2024
Baca juga: PTPP penuhi kewajiban obligasi dan sukuk mudharabah tepat waktu
Baca juga: PP Properti serah terima unit Tower 1 Louvin Apartment  
Baca juga: PPRO serah terima "Landed House" secara bertahap

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024