Jakarta (ANTARA) - Indonesia Long Drive Championship 2024 yang dihelat oleh Senayan Golf Club akan menjadi ajang pencarian bibit-bibit pegolf long hitter di luar pegolf profesional untuk dapat bersaing di kancah nasional dan internasional.

Kejuaraan long drive ini merupakan ajang long drive internasional yang pertama kalinya digelar di Indonesia.

CEO Senayan Golf sekaligus pendiri Indonesia Long Drive Championship Yakup Hasibuan optimistis ajang tersebut akan diminati banyak pihak.

“Saya senang karena melihat antusiasme dari teman-teman pegolf, semua pemangku kepentingan di industri golf. Kenapa? Karena ini merupakan kompetisi long drive pertama di Indonesia,” kata Yakup pada konferensi pers di Senayan Avenue, Jakarta, Rabu.

“Mungkin kita bisa melihat turnamen konvensional sudah banyak, Indonesia Master, Indonesia Open, dan lain-lain. Tapi ada sisi lain dari golf, yakni long drive yang merupakan bagian teknik. Di luar negeri sudah jadi nomor tersendiri, di Indonesia belum banyak, padahal kita punya long hitter,” tambahnya.

Sementara itu, pegolf Indonesia Alit Jiwandana yang turut merancang ajang ini menyebut pihaknya berupaya keras agar kejuaraan ini dapat menarik minat masyarakat pencinta golf.

“Tentunya persiapannya sangat menantang karena ini adalah skill golf yang belum disentuh banyak orang. Tapi kita coba memformulasikan ajang yang sepertinya akan seru buat semuanya,” ucap Alit.

Pencarian bibit-bibit terbaik long hitter dilakukan dengan cara kualifikasi di tiga kota besar Indonesia, yakni Jakarta, Bali, dan Surabaya.

Baca juga: Medali emas perdana golf jadi milik Scottie Scheffler

Kualifikasi di Jakarta akan berlangsung pada 25 Agustus di Senayan Golf Club, sedangkan kualifikasi di Bali berlangsung pada 7 September di Bali International Golf, dan di Surabaya pada 14 September di Bukit Darmo Golf Surabaya.

Pada babak kualifikasi, juara kategori putra dan putri dari tiap-tiap kota akan diberangkatkan ke Jakarta untuk memainkan laga final di Hole 5 Senayan Golf Club dan memperebutkan Piala Indonesia Long Drive Championship pada 5 Oktober. Panitia berharap pada setiap titik penyelenggaraan di ketiga kota itu dapat diikuti oleh total 100 orang peserta.

Para pemenang juga akan berhak untuk masuk level Asia Long Drive. Asosiasi Asia Long Drive dan European Long Drive sudah memvalidasi adanya Indonesia Long Drive dan memberikan golden ticket untuk juara Indonesia bisa bertanding di level Asia dan Eropa

Untuk menyemarakkan kompetisi pada 5 Oktober, panitia pelaksana juga akan mengundang pegolf long hitter papan atas asal Australia Steffan Scutti untuk memberikan pelatihan serta berbagi tips menjadi atlet pro hitter profesional kepada para peserta.

Baca juga: BNI Ciputra Golfpreneur 2024 siap digelar untuk pacu prestasi pegolf
Baca juga: Pegolf muda ingin harumkan Indonesia dalam SRIXON Junior Championship


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024