• Lebih dari 700 lulusan perguruan tinggi bergabung dengan Shanghai Electric lewat program rekrutmen; bersama Shanghai Electric, karyawan baru akan mengubah ide menjadi inovasi guna mempercepat transformasi pintar dan hijau di industri energi 
Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Shanghai Electric (SEHK: 2727, SSE: 601727) baru saja meluncurkan program pelatihan komprehensif untuk sekitar 700 karyawan baru. Lewat pelatihan ini, setelah program rekrutmen nasional berskala besar, Shanghai Electric membina SDM muda agar mampu membuat perubahan di industri energi. Sebagai bagian dari program pelatihan, karyawan baru akan berkunjung ke basis industri Shanghai Electric untuk mempelajari struktur perusahaan, proses inovasi, kemajuan teknologi digital, serta strategi pengelolaan SDM.

"SDM muda selalu menjadi motor pertumbuhan berkelanjutan dan visi jangka panjang kami," ujar Zhu Zhaokai, Employee Director, Shanghai Electric Holdings Group. "Dengan semangat inovasi dan perspektif baru, SDM muda membuat Shanghai Electric tetap dinamis dan visioner. Menghadapi masa depan, kami harus terus membina SDM muda, serta mendorong kreativitas karyawan baru agar mereka mampu membuat inovasi."

Program rekrutmen tahun ini melambangkan fokus strategis Shanghai Electric untuk terus meningkatkan inovasi di segmen peralatan industri dan energi yang bertaraf premium, pintar, serta ramah lingkungan.

Berikut profil karyawan baru Shanghai Electric yang merupakan SDM unggulan:

  • 348 karyawan baru memiliki gelar S2 atau S3, porsinya mencapai 48% dari jumlah keseluruhan karyawan baru tahun ini;
  • 78 karyawan merupakan lulusan universitas ternama di dunia, lebih dari 90% di antaranya bahkan berasal dari universitas-universitas yang tercantum dalam daftar QS Top 200.

Guna mengembangkan teknologi pintar, Shanghai Electric merekrut SDM yang menguasai bidang-bidang yang menentukan pertumbuhan bisnis, seperti otomatisasi dan teknologi digital. Di antara karyawan baru Shanghai Electric tahun ini:


  • 34% karyawan menguasai keahlian khusus di sejumlah bidang seperti kecerdasan buatan, sains dan teknologi pintar, teknik manufaktur cerdas (intelligent manufacturing), serta otomatisasi--sektor-sektor yang semakin penting dalam pengembangan proyek pembangkit listrik, peralatan otomatisasi, tenaga nuklir, serta perangkat lunak industri.
Shanghai Electric membuktikan komitmen kelestarian lingkungan hidup dengan memprioritaskan kandidat tenaga kerja yang menguasai keahlian di industri-industri hijau.

Shanghai Electric aktif merekrut lulusan universitas di bidang ilmu lingkungan hidup, teknik kimia, energi terbarukan, serta teknologi energi mutakhir, 40% karyawan baru Shanghai Electric berasal dari bidang-bidang tersebut.
Transformasi Digital dan Asesmen yang Dirancang Khusus

Transformasi digital merupakan unsur utama dari strategi Shanghai Electric. Hal tersebut juga sejalan dengan langkah Shanghai Electric yang terus mengeksplorasi solusi-solusi baru untuk meningkatkan inovasi energi dan peralatan industri. Tahun ini, proses rekrutmen mengalami peningkatan setelah melibatkan asesmen daring yang dirancang khusus untuk menemukan potensi unik dari setiap kandidat tenaga kerja. Pelatihan kerja juga mencakup metode-metode inovatif, seperti diskusi kelompok tanpa moderator (leaderless group discussion) dan pembahasan studi kasus secara lengkap, berdasarkan target strategis Shanghai Electric.

Sistem Pengembangan SDM "Excellence E+"

Demi memaksimalkan potensi profesional muda, Shanghai Electric mengembangkan kerangka pengembangan SDM yang bertajuk "Excellence E+" dengan tiga pilar: Electric+, Empower+, dan Engine+, serta lima fase: integration, understanding, skill-building, enhancement, dan achievement. Karyawan baru akan mengikuti program pengembangan SDM berdasarkan jalur karier dan babak perkembangan. Program-program utama meliputi kamp pelatihan intensif, proyek pembinaan SDM muda, program pelatihan manajemen dan teknis, serta skema khusus untuk mengembangkan pemimpin teknologi masa depan.

Program yang Tepat Sasaran dan Pelatihan Praktis

Shanghai Electric Wind Power Group, anak usaha Shanghai Electric, menjalankan program detail yang berfokus pada fase understanding dengan model "1+2+2+12". Dengan pendekatan holistis, karyawan baru mampu menguasai keahlian dalam prosedur inti, teknologi produk, teknik perakitan, serta manajemen lokasi proyek yang terdiri atas:

  • instruksi teoretis selama satu bulan,
  • pengalaman kerja di pabrik selama dua bulan,
  • pengalaman kerja di lokasi PLTB selama dua bulan,
  • dan pelatihan kerja lapangan selama 12 bulan.
Shanghai Electric Power Station Group juga melatih profesional muda dalam fase achievement untuk membina pemimpin masa depan di industri energi terbarukan. Setelah dunia bergerak kian cepat menuju energi berkelanjutan, inisiatif strategis ini melatih karyawan baru secara intensif dalam bidang-bidang penting seperti elektrokimia, teknik material, semikonduktor, dan ilmu fisika. Pelatihan ini juga membekali karyawan potensial dengan berbagai keahlian agar mereka mampu bersaing di pasar energi terbarukan.

Informasi lebih lanjut tersedia di https://www.shanghai-electric.com/group_en/.



Related stocks: HongKong:2727 OTC:SIELY Shanghai:601727

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024