Persiapan lomba 17 Agustus sudah 90 persen, tapi karena kebakaran musnah semua
Jakarta (ANTARA) - Pengajar di SDN 05 Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan menyiapkan hiburan bagi anak-anak yang terdampak kebakaran pada HUT ke-79 RI mendatang.
 
"Kita nanti mengadakan di lantai dua dengan mengundang pendongeng buat acara 17 Agustus," kata Kepala Sekolah SDN 05 Manggarai Lusiana Maydona saat ditemui di Jakarta, Rabu.
 
Lusiana mengatakan kegiatan nantinya digelar sederhana namun dipastikan menghibur.
 
"Murah, meriah, sederhana, tapi membekas di hati anak," ujarnya.
 
Dia menegaskan nantinya kegiatan ini terbuka bagi masyarakat sehingga semua bisa merasakan senang pasca kebakaran.
 
"Semua bisa ikut sekalipun tidak bersekolah di SDN 05 semua bisa ikut, mereka adalah anak-anak kita," ujarnya.
 
Sementara, Ketua RT 02/RW 06, Sukirman mengaku pasrah rencana merayakan HUT RI di kawasan perumahan  batal lantaran dilanda kebakaran.
 
"Ya habis. Persiapan lomba 17 Agustus sudah 90 persen, tapi karena kebakaran musnah semua," ujar Sukirman.
 
Padahal, lanjut dia, warga telah melakukan persiapan membuat gapura dari bambu guna menyambut Kemerdekaan  di lingkungannya.
 
"Perlombaan sudah disiapkan, ada pawai juga rencananya, tapi kondisinya begini kita juga tak tahu jadinya gimana," tuturnya.
 
SDN 05 Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) hibrida yakni daring dan luring usai menjadi lokasi pengungsian bagi penyintas kebakaran di daerah itu.
 
Pihaknya mencatat sebanyak 167 siswa SDN 05 Manggarai menjadi pengungsi di sekolah tersebut dan menjalani pembelajaran daring dan luring.
 
Sebelumnya, Dinas Sosial DKI berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta untuk meminjam fasilitas yang tersedia di sekolah serta memastikan KBM tetap bisa dilaksanakan di tengah kondisi yang ada.
 
Kebakaran itu terjadi di Jalan Remaja 5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa (13/8) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari.
 
Kebakaran di permukiman padat tersebut juga menyebabkan 3.332 dari 1.172 KK terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman.
Baca juga: Seorang lansia meninggal dunia saat kebakaran Penjaringan
Baca juga: Jadi lokasi pengungsian, KBM di SDN 05 Manggarai tetap berjalan normal
Baca juga: Warga pilih mengungsi ke Stasiun KA Bandara Manggarai imbas kebakaran

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024