Semarang (ANTARA) – Salah satu perusahaan penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM), PT Inizio berhasil mengekspor kursi kayu dan furnitur rotan sintetis. Furnitur senilai Rp540 juta diekspor ke Amerika menggunakan satu kontainer berukuran 40 feet pada Rabu (11/08).

Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Bier Budy Kismulyanto mengatakan bahwa perusahaan manufaktur di bidang furnitur yang berlokasi di Kendal memang fokus pada kegiatan ekspor. Mayoritas produk yang dihasilkan dibuat dari alumunium yang dililit anyaman rotan sintetis dengan paduan kayu jati. 

“PT Inizio adalah perusahaan yang kami berikan fasilitas KITE IKM sejak tahun 2020. Dengan fasilitas tersebut, perusahaan bisa menekan biaya produksi sehingga produknya bisa bersaing di pasar internasional,” ungkap Bier.

Kepala Produksi PT Inizio, Hartono menjelaskan bahwa pembuatan produk dilakukan secara konvensional oleh perajin, baik dalam tahap menganyam ataupun mendesain. “Rata-rata ekspor kami bisa mencapai 60 kontainer setiap bulannya. Tujuan ekspornya 80% ke Eropa, Jepang dan Amerika,” jelas Hartono.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024