mewajibkan mahasiswa untuk yang mau lulus wajib tanam
Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mencanangkan penanaman 100 ribu bibit pohon dalam tahun ini untuk menghijaukan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) di Mandiangin, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

"Kita berupaya lebih menghijaukan KHDTK
sebagai bentuk kegiatan Bakti ULM untuk hijaunya Banua Kalimantan Selatan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Rabu.

Rektor pun telah menargetkan penanaman satu juta pohon selama 10 tahun ke depan. di kawasan KHDTK.

Bahkan dia mendorong target tersebut bisa lebih dipercepat hanya dalam lima tahun bisa tertanam satu juta pohon.

Dia menyebut hal itu bukan sesuatu yang mustahil, mengingat jumlah civitas akademika ULM yang cukup banyak baik dari mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan yang dimiliki.

“Kita bisa lakukan langkah akselerasi, misal mewajibkan mahasiswa untuk yang mau lulus wajib tanam, begitu juga dengan dosen yang mau naik tingkat dan program lainnya bisa diarahkan untuk percepatan penanaman di lahan KHDTK ULM," jelasnya.

Baca juga: ULM tanam seribuan pohon dukung KLHK turunkan emisi sektor kehutanan
Baca juga: Antara Kalsel tanam bibit pohon gaharu di Tahura Sultan Adam


Alim menilai KHDTK merupakan tempat yang tepat bagi pemerintah maupun pemangku kepentingan lain untuk bisa melakukan berbagai kolaborasi bersama dalam hal pelestarian lingkungan hidup.

Apalagi KHDTK bisa dikembangkan juga untuk kepentingan riset dunia pendidikan di sektor lingkungan hidup, sehingga ULM bisa berkolaborasi dengan pemerintah dan sektor swasta untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup secara lebih berkualitas untuk masa depan generasi mendatang.

KHDTK yang dikelola ULM merupakan hutan pendidikan dan pelatihan berdasarkan SK Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup No. 900/Menlhk/Setjem/PLA.0/2016 tanggal 6 Desember 2016.

Dengan luas 1.617 hektare, kawasan ini sangat potensial untuk pengembangan program penghijauan dan pelestarian keanekaragaman hayati endemik Kalimantan.

Baca juga: UI bangun kepedulian lingkungan lewat penanaman pohon kelapa hibrida
Baca juga: Unand libatkan mahasiswa asing tanam 1.000 pohon di Sungai Batanghari
Baca juga: Mahasiswa UAI Jakarta tanam 1.000 pohon mangrove di Donggala Sulteng


 
Kawasan KHDTK di Mandiangin, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang dilakukan penanaman pohon oleh civitas akademika ULM. ANTARA/Firman

Pewarta: Firman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024