Ambon (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mengusung Jeffry Apoly Rahawarin dan Abdul Mukti Keliobas sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Maluku di Pilkada 2024.

"Untuk Pilkada Maluku, PDIP mengusung Jeffry Apoly Rahawarin dan Abdul Mukti Keliobas (JAR-AMK) sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Maluku di Pilkada 2024," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu.

Selain mengantongi rekomendasi dari PDI Perjuangan, Letjen TNI Purn Jeffry Rahawarin terlebih dahulu telah mendapat dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kepada awak media Jeffry mengatakan, dengan adanya rekomendasi dari PDI-P, juga sekaligus memberikan kepastian kepada seluruh masyarakat Maluku bahwa dirinya Abdul Mukti Keliobas telah siap bertarung di Pilkada 2024 sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Maluku.

Baca juga: PDI-P resmi usung Danny Pomanto maju Pilgub Sulsel

“Puji syukur atas turunnya rekomendasi dari PDIP. Ini sekaligus memberikan kepastian dalam menyongsong Pilkada Maluku 2024,” kata Jeffry.

Munculnya nama Mukti Keliobas sebagai bakal Cawagub mendampingi Jeffry Rahawarin menjadi kejutan. Pasalnya sebelumnya, nama mantan Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal disebut-sebut mendampingi eks Pangdam Pattimura itu.

Mayjen TNI Purn Jeffry Apoly Rahawarin sendiri adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI AD yang pernah mengemban amanat sebagai Pangdam XVI/Pattimura.

Sedangkan Abdul Mukti Keliobas merupakan Bupati Seram Bagian Timur yang menjabat selama dua periode.

Abdul Mukti Keliobas menjabat sebagai bupati Seram Bagian Timur di periode 2016-2021 dan 2021-2026.

Selain pasangan calon Jeffry-Keliobas ini, sebelumnya dua Paslon lain sudah resmi terbentuk dengan dikeluarkannya rekomendasi partai politik yakni Murad Ismail-Michael Wattimena yang direkomendasi PAN, Demokrat, PKS dan PKB serta Pasangan Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath yang direkomendasi Partai Gerindra dan Perindo.

Dengan begitu, saat ini sudah terbentuk tiga Paslon gubernur dan wakil gubernur yang siap bertarung di Pilkada Maluku.

Baca juga: Ahok sedih Airlangga dan Jusuf Hamka mundur dari Golkar

Baca juga: Nadalsyah-SKY positif nyatakan bertarung di Pilkada Kalteng 2024


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024