Malam Solidaritas Palestina diharapkan dapat menjadi wadah bagi para donatur dan rekan Sandiaga Uno untuk berkumpul dan berpartisipasi dalam penggalangan dana (untuk) Palestina
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berhasil menghimpun sebanyak Rp767 juta dalam Malam Solidaritas Palestina yang digelar pada Selasa (13/8) kemarin.
 
"Malam Solidaritas Palestina diharapkan dapat menjadi wadah bagi para donatur dan rekan Sandiaga Uno untuk berkumpul dan berpartisipasi dalam penggalangan dana (untuk) Palestina," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad melalui keterangan di Jakarta, Rabu.
 
Noor menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam menyatukan langkah guna meringankan penderitaan saudara-saudara di Palestina yang tengah menghadapi berbagai kesulitan.
 
Melalui lelang dan donasi, pihaknya berharap dapat mengumpulkan dana yang lebih besar untuk membantu Palestina. Kegiatan ini, lanjutnya, juga untuk kembali mengangkat isu soal Palestina ke publik.

Baca juga: Baznas bantu penyediaan alat kesehatan untuk RS Palestina di Kairo
 
"Pak Sandi dan Ibu secara khusus mengundang 250 tamunya dari Malaysia, Singapura, hingga Palestina, juga sahabat-sahabatnya," ujar Noor.
 
Noor berharap kegiatan Malam Solidaritas Palestina itu  dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam membantu rakyat Palestina yang membutuhkan.
 
"Saya harap kita bisa melakukan sesuatu terhadap sikap peduli terhadap Palestina. Semoga kita semua bisa memberikan bantuan dan memperkuat solidaritas untuk membantu Palestina supaya apa yang terjadi di sana segera berakhir," ucapnya.

Baca juga: Baznas sediakan Mobile Clinic bagi pengungsi Palestina di Yordania
 
Sementara itu Sandiaga Uno mengapresiasi Baznas RI yang telah bekerja sama dalam menyelenggarakan acara tersebut. Sinergi tersebut, kata dia, merupakan komitmen bersama untuk terus mendukung orang-orang yang membutuhkan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
 
"Sebagai bangsa yang dikenal dengan solidaritas dan kepedulian yang tinggi, kita semua memiliki tanggung jawab moral untuk saling membantu dan menguatkan. Melalui kegiatan ini kita bisa mengirimkan pesan bahwa siap untuk berkontribusi dalam memperjuangkan keadilan dan kemanusiaan," ucap Sandiaga Uno.
 
Untuk diketahui, kegiatan penggalangan dana ini diawali dengan Lari Amal (Charity Run) yang diharapkan dapat meningkatkan solidaritas masyarakat, memberikan edukasi lebih luas dan memotivasi masyarakat untuk turut serta dalam upaya kemanusiaan ini.

Baca juga: Baznas komitmen bantu Palestina lewat audiensi Dubes RI untuk Yordania

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024