Jakarta (ANTARA) - Tim dari sejumlah negara siap bertarung dalam Free Fire World Series Southeast Asia (FFWS SEA) 2024 Fall dengan babak akhir akan digelar di Surabaya, Jawa Timur.

FFWS SEA 2024 Fall akan mempertemukan 18 tim Free Fire terkuat dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, yang lolos melalui jalur kualifikasi lokal, seperti FFWS Indonesia 2024 Fall di Indonesia -- dan tim invitational yang bertahan dari FFWS SEA 2024 Spring.

Indonesia mengirimkan lima tim, yakni EVOS Divine, ONIC Olympus, RRQ Kazu, Indostars, dan Bigetron Delta sebagai juara FFWS ID 2024 Fall.

Sementara, Thailand mengirimkan lima tim, Vietnam lima tim, dan Malaysia tiga tim. Total 18 tim di FFWS SEA 2024 Fall dibagi ke dalam tiga grup berbeda, di mana masing-masing grup berisi enam tim.

Pelatih EVOS Divine coach Street sangat percaya diri dengan timnya, terlebih mereka baru saja menjadi runner up dalam kejuaraan dunia Free Fire Esports World Cup 2024 yang berlangsung di Riyadh pada Juli lalu.

"Saya sangat percaya diri dengan FFEWC kemarin kita juara dua. Saya sangat percaya diri mengembalikan trofi ke rumah kita," kata coach Street dalam konferensi pers secara daring yang diikuti dari Jakarta, Rabu.

Baca juga: Lima tim tuan rumah Indonesia siap bertarung di FFWS SEA 2024 Fall

"Semangat buat kita semua karena juaranya sudah pasti Indonesia," ujar Street untuk tim-tim lain yang mengikuti konferensi pers.

Kepercayaan diri juga datang dari tim asal Malaysia. Pemain tim Expand Putera Iskandar alias 2fast yakin dapat memberikan hasil terbaik dalam FFWS SEA 2024 Fall.

Sebagai negara tetangga, ia juga ikut bangga Indonesia menjadi tuan rumah yang menurut dia akan sangat seru dengan jumlah kepopuleran game Free Fire di Indonesia.

"Perasaan kami mungkin bangga, sebab Indonesia kita punya crowd ramai jadi tak sabar jumpa dan bertanding melawan tim Indonesia di sana," ujar 2fast.

"Kami yakin dapat memberikan hasil yang bagus. Kami sudah bersiap, sudah mempelajari strategi musuh-musuh kami, melancarkan komunikasi, meningkatkan skill, menaikkan mental."

Sementara itu, tim Vietnam P Esports telah mencermati lawan-lawan mereka pada fase grup, termasuk tim Indonesia Indostars dan tim Thailand Buriram United Esports yang bermain dominan musim sebelumnya.

"Bersama dalam satu grup bukan masalah, bahkan ini akan menjadi motivasi kami untuk mengumpulkan banyak poin... Indostars sangat bagus, tapi kami akan mengalahkan Indostars," ujar pelatih P Esports Đoàn Ngọc Phước alias coach DNP.

"Semoga beruntung bagi seluruh 17 tim, tapi jangan lupa kami akan mengalahkan kalian."

Hal senada juga disampaikan tim asal Thailand Team Falcons. Juara FFEWC 2024 itu tidak gentar dengan keberadaan tim Indonesia RRQ Kazu yang satu grup dengan mereka.

Pemain Team Falcons Thanakorn Choompurad alias Peter mengaku sudah mengetahui permainan tim RRQ Kazu, sehingga tidak menjadi satu masalah jika tergabung dalam grup yang sama.

"Saya sangat bersemangat dapat bermain di Indonesia. Kami akan mengesampingkan fans Indonesia karena kami akan fokus membawa pulang trofi," kata Peter.

FFWS SEA 2024 Fall akan dimulai pekan ini dengan babak Knockout Stage akan berlangsung pada 16 Agustus-29 September.

Dari fase Knockout Stage FFWS SEA 2024 Fall hanya 12 tim teratas yang lolos ke Final Phase untuk berlaga di Point Rush dan Grand Finals yang digelar di Surabaya, pada 11-13 Oktober 2024.

Baca juga: Bigetron Delta siap untuk FFWS SEA 2024 usai juarai FFWS ID 2024 Fall
Baca juga: Free Fire hadirkan turnamen esport pelajar berhadiah beasiswa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024