Palangka Raya (ANTARA) - Mantan Bupati Barito Utara dua periode 2013-2018 dan 2018-2023 Nadalsyah alias Koyem dan Sigit K Yunianto (SKY)mantan Ketua DPRD Kota Palangka Raya tiga periode 2009-2014 , 2014-2019 dan 2019-2024 positif bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng 2024 setelah DPP PDIP merestui pasangan tersebut maju dalam kontestasi lima tahunan sekali itu.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Demokrat, Junaidi, saat dihubungi di Palangka Raya, Rabu, mengatakan bahwa Nadalsyah dan SKY dipastikan akan mendaftar pada Pilkada Kalteng setelah DPP PDIP mengumumkan pasangan tersebut dicalonkan dari sebagai Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2024 dari PDIP.

"PDIP sudah untuk pasangan Koyem-SKY, tinggal menunggu surat dari DPP Partai Demokrat untuk B 1 KWK," kata Junaidi. Ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri juga sudah mengumumkan dan menyerahkan rekomendasi untuk sejumlah calon gubernur dan wakil gubernur serta ratusan calon bupati, wali kota dan wakilnya.

Baca juga: Charta Politika: Elektabilitas Agustiar Sabran unggul di Kalteng

Dia menuturkan, dalam waktu dekat ini pasangan Koyem dan SKY melaksanakan deklarasi untuk mendukung pasangan tersebut sekaligus juga melakukan konsolidasi guna memenangkan pasangan yang memiliki pengalaman di dunia eksekutif dan legislatif.

"Kami yakin pasangan Nadalsyah dan SKY dapat memenangkan pemilihan kepala daerah di provinsi setempat," ucapnya.

Baca juga: Gerindra resmi dukung Agustiar Sabran maju di Pilkada Kalteng

Sekretaris DPD Partai Demokrat itu juga mengungkapkan, bahwasannya terkait partai lain akan berkoalisi atau tidak pihaknya belum bisa memastikan, karena saat ini masih fokus di dua partai pengusung tersebut.

"Saat ini masih di dua partai saja, karena sementara ini sudah cukup untuk berlayar di Pilkada Kalteng karena Demokrat memiliki 6 kursi sedangkan PDIP 10 kursi di DPRD Kalteng," ungkapnya.

Baca juga: Ketua Demokrat Kalteng mendaftar Bacagub ke PDIP di Pilkada 2024

Ia menambahkan, untuk langkah selanjutnya tim dalam waktu dekat juga akan melakukan sosialisasi serta mengawal pasangan tersebut untuk di daftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 27-29 Agustus 2024.

"Konkret-nya kami siap untuk berjuang bersama Nadalsyah-SKY dan mesin partai akan berjalan untuk menang," demikian Junaidi.

Baca juga: AHY tetap tunjuk Nadalsyah sebagai ketua Demokrat Kalimantan Tengah
Baca juga: Bupati Barito Utara serahkan bantuan korban banjir HST Kalsel

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024