Jakarta (ANTARA) - Skandal Burning Sun kembali menjadi sorotan setelah sebuah poster acara Burning Sun Surabaya beredar di dunia maya.

Poster acara tersebut juga menampilkan kata "Best Honor" dan foto bintang K-Pop Seungri sehingga menuai kritik tajam dari masyarakat.

Lalu apa itu Skandal Burning Sun dan siapa saja artis yang terlibat? Berikut adalah ringkasan dari kasus tersebut.

Burning Sun Gate atau Skandal Burning Sun adalah salah satu skandal terbesar yang pernah melanda industri hiburan Korea Selatan. Peristiwa itu terkait dengan Burning Sun, sebuah klub malam yang berhubungan dengan Seungri, anggota termuda dari boyband terkenal BIGBANG. 

Kasus itu mengungkap sederet pelanggaran berat, termasuk pelecehan seksual, prostitusi, distribusi narkoba, rekaman kamera tersembunyi, penggelapan pajak, dan korupsi polisi.

Skandal Burning Sun muncul ketika ruang obrolan rahasia pada aplikasi KakaoTalk milik Seungri terungkap ke publik. Dalam obrolan tersebut, terlibat beberapa bintang terkenal seperti Jung Joon Young, Jonghyun dari CNBLUE, Junhyung dari Highlight, dan Jonghun dari F.T. Island.

Melalui ruang obrolan rahasia tersebut terungkap bahwa mereka diduga membius dan melakukan pelecehan seksual terhadap para pelanggan wanita di klub malam tersebut. Tidak hanya itu, para selebriti itu juga diduga merekam para korban secara ilegal dan membagikan rekaman tersebut kepada satu sama lain dan teman-teman selebriti lainnya.

Selain dugaan pelecehan seksual dan distribusi narkoba, para selebriti tersebut juga kerap menyebutkan nama seorang pejabat polisi yang diduga membantu mereka menghindari tuntutan hukum atas kegiatan ilegal yang mereka lakukan. Klub Burning Sun juga dilaporkan melakukan penggelapan pajak, yang menambah daftar panjang pelanggaran yang terungkap dalam peristiwa itu.

Skandal Burning Sun menjadi tidak hanya menjadi perhatian khalayak Korea Selatan, namun, juga dunia. Pelanggaran yang dilakukan para selebriti di klub itu memicu kemarahan publik. 

Presiden Korea Selatan saat itu, Moon Jae-in, bahkan memerintahkan penyelidikan menyeluruh atas kasus itu, menekankan betapa pentingnya kasus ini dalam konteks hukum dan sosial di Korea Selatan.

Skandal ini telah mengubah pandangan publik terhadap industri hiburan Korea Selatan. Orang-orang di Korea Selatan dan seluruh dunia terus memantau perkembangan kasus ini dan menuntut keadilan bagi para korban.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024