Medan (ANTARA) - Sebanyak 4.500 volunteer atau relawan yang akan bertugas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di wilayah ini diberikan pembekalan oleh panitia setempat yang dirangkai dalam bimbingan teknis.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Harvina Zuhra mengatakan ribuan volunteer tersebut mendapat pembekalan tentang Laison Officer (LO) dan Work Force (WF).

“Ada 4.500 green volunteer yang saat ini diberi pembekalan berupa bimbingan teknis. Salah satunya adalah di bidang humas dan IT," ujar Harvina Zuhra, di Medan, Rabu.

Harvina Zuhra yang juga merupakan panitia Bidang Humas Publikasi dan Komunikasi PB PON Sumut menjelaskan bahwa bidang Laison Officer akan bertugas sebagai penghubung berbagai pihak untuk memastikan informasi mengalir.

Baca juga: Sekum PB PON sebut volunteer PON 2024 di Sumut melebihi target

Sementara Work Force, kata dia akan berperan memastikan operasional pertandingan dan logistik berjalan tanpa ada hambatan.

Dia mengatakan bahwa volunteer yang bertugas di bidang humas dan IT akan ditempatkan pada media center PON XXI 2024 di wilayah Sumut.

Mereka, kata Harvina, sebagai garda terdepan dalam penyampaian informasi, media center memiliki peran yang sangat krusial dalam sebuah ajang besar.

“Media center berfungsi sebagai tempat untuk menyebarluaskan informasi terbaru kepada seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi dengan cepat, tepat, akurat, mudah dan murah/ terjangkau. Kehadiran media center dalam sebuah arena besar juga berperan penting dalam memerangi hoaks (informasi bohong), berita palsu, dan disinformasi serta krisis informasi," kata dia.

Dia menambahkan bahwa pihaknya akan menempatkan dua volunteer di setiap media center yang berasa di Media Center Satelit di Sport Center di Desa Sena dan di Komplek Dispora Sumut Media Center (Mixed Zone) di setiap arena.

“Para volunteer di media center ini yang akan bertugas memberikan pelayanan kepada media di arena agar berjalan dengan baik," jelas dia.

Para volunteer di bidang humas dan IT itu, lanjut dia, berkewajiban berada di arena terutama di media center untuk melayani tamu tamu maupun media dengan memberikan informasi terkait pertandingan di arena.

“Misalnya menginformasikan jadwal pertandingan, hasil pertandingan, mengarahkan posisi wartawan, melayani akomodasi dan konsumsi di arena. Berkoordinasi dengan pihak-pihak yang akan menggelar konferensi pers dan melayani penyelenggaraan konferensi pers di media center, dan lainnya," ucap dia.

Selain itu, Harvina mengatakan tugas volunteer itu juga penghubung dengan Bidang Humas, Publikasi dan IT untuk mengatasi segala kendala yang terjadi di arena, berkoordinasi dengan tim panitia lain yang ada di arena, seperti penulis berita, fotografer juga videographer.

"Para volunteer yang mengikuti bimbingan teknis itu terdiri dari berbagai latar belakang. Mulai dari mahasiswa yang dari berbagai disiplin ilmu dan mereka yang baru lulus kuliah (fresh graduate). Para volunteer juga berasal dari berbagai daerah, mulai Kota Medan, Deli Serdang, Lubuk Pakam, dan lainnya," ujar dia.

Baca juga: PB PON Sumut matangkan persiapan media center PON XXI-2024
Baca juga: PB PON Sumut siapkan 17.303 kartu tanda pengenal untuk PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024