Green productivity bagi pelaku industri bukan merupakan sebuah pilihan melainkan harus, sebagai sebuah paradigma yang harus diterapkan dalam menjalankan usaha
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan dunia usaha di Indonesia harus menerapkan paradigma green productivity atau produktivitas hijau, meski membutuhkan investasi yang besar tapi dapat menjadi jawaban jangka panjang untuk isu produktivitas.

"Green productivity bagi pelaku industri bukan merupakan sebuah pilihan melainkan harus, sebagai sebuah paradigma yang harus diterapkan dalam menjalankan usaha," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam Seminar Nasional Green Productivity 2024 yang diadakan di Jakarta, Rabu.

"Ini tentu komitmen yang luar biasa kita harapkan dari dunia usaha," ucap Menaker Ida Fauziyah.

Menaker mengatakan bahwa transisi menuju produktivitas yang lebih hijau untuk mendukung pembangunan berkelanjutan memang membutuhkan investasi yang besar, termasuk untuk biaya penelitian dan pengembangan, pengadaan teknologi dan strategi produksi, pengelolaan limbah industri, serta pengembangan sumber daya manusia.

Baca juga: Menaker sebut tren ketenagakerjaan bergerak ke produktivitas hijau

Tahapan menunjuk produktivitas hijau, lanjut dia, juga akan mempengaruhi beragam harga penjualan dalam jangka pendek, sehingga menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi para pelaku di sektor industri untuk beralih ke proses yang lebih ramah lingkungan.

"Akan tetapi dalam jangka panjang konsep green productivity diharapkan dapat menjadi salah satu jawaban dalam mengurangi dampak buruk bagi lingkungan, yang pada akhirnya akan mendorong penghematan biaya dan mencapai tingkat efisiensi dan produktivitas," tutur Menaker Ida Fauziyah.

Menaker memastikan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus meluncurkan berbagai program yang mendukung percepatan produktivitas hijau, termasuk dengan kolaborasi lintas sektor dengan dunia usaha, sektor industri, dan pendidikan.

Salah satunya diwujudkan dalam pelaksanaan seminar hari ini, yang diharapkan Menaker, mampu meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang produktivitas hijau.

Baca juga: Kemnaker siap dukung penciptaan "green job" di Indonesia
Baca juga: Penggunaan Industri Hijau rendah karbon tingkatkan produktivitas


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024