Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) mengemukakan atlet angkat besi (lifter) putra yang meraih medali emas pada Olimpiade Paris 2024 Rizki Juniansyah masih bisa diandalkan untuk berprestasi pada Olimpiade berikutnya.

"Rizki berusia 21 tahun, untuk empat tahun lagi (Olimpiade 2028), masih sangat mampu," ujar Sekretaris Jenderal PB PABSI Djoko Pramono dalam rekaman suara yang diterima di Jakarta, Rabu.

Rizki Juniansyah menorehkan sejarah sebagai peraih medali emas pertama dari cabang olahraga angkat besi Indonesia saat tampil pada laga angkat besi kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024.

Lifter asal Banten itu berhasil mengangkat beban dengan total 354 kg berupa angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean and jerk 199 kg. Pencapaiannya pada angkatan clean and jerk membuatnya berhasil memecahkan rekor Olimpiade.

Baca juga: Rizki ingin medali emas jadi tradisi angkat besi pada Olimpiade
Baca juga: Menpora harapkan Rizki Juniansyah terus berprestasi untuk Indonesia


Rizki menambah koleksi medali bagi tim Indonesia pada ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris menjadi tiga medali berupa dua medali emas (satu medali emas dipersembahkan atlet panjat tebing Veddriq Leonardo) serta satu medali perunggu yang diraih atlet bulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Djoko mengatakan, Rizki merupakan atlet muda yang sangat bisa diandalkan untuk kembali menorehkan prestasi pada ajang Olimpiade selanjutnya. Rizki masih bisa tampil pada Olimpiade Los Angeles 2028 saat berusia 25 tahun.

Ia mengatakan, hal yang paling penting dilakukan selanjutnya adalah menjaga dan meningkatkan performa atlet agar semakin baik dari pencapaian sebelumnya.

"Tinggal induk organisasinya pelihara lah dengan benar," ujarnya.

Djoko menambahkan, agar prestasi olahraga dapat diraih secara berkelanjutan, maka kaderisasi atlet juga harus terus, tidak hanya pada cabang olahraga yang meraih medali Olimpiade namun di semua cabang.

"Saya yakin 2028 (Olimpiade Los Angeles) kita akan lebih banyak lagi (meraih medali), insyaallah," pungkasnya.

Baca juga: Setelah Olimpiade, Rizki Juniansyah bersiap hadapi PON 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024