Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng kepala sekolah untuk menggalang dana bagi penyintas kebakaran di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.
 
"Kami tadi sudah rapat dan kita sepakat akan melakukan penggalangan dana," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik DKI Jakarta, Budi Awaludin di SDN 05 Manggarai Jakarta Selatan, Rabu.

Budi mengatakan pihaknya telah mengumpulkan sebanyak 57 kepala sekolah untuk melakukan pertemuan.
 
Dari pertemuan tersebut, Dinas Pendidikan DKI menjaring sekolah dan orangtua yang tak jadi korban kebakaran untuk bisa menyumbang demi membantu 365 siswa penyintas. 

Adapun penggalangan dana dibuka sampai tiga hari dan dipastikan tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM) bagi guru maupun siswa.

Baca juga: Jadi lokasi pengungsian, KBM di SDN 05 Manggarai tetap berjalan normal

"Kita akan buka donasi sampai tiga hari ya, termasuk Dinas Pendidikan pun melakukan penggalangan dana," ujarnya.

Dengan demikian, Dinas Pendidikan DKI memastikan setiap siswa penyintas kejadian itu bisa kembali pulih untuk segera bersekolah seperti sedia kala.
 
Berdasarkan data di lokasi, jumlah pengungsi di SDN 05 Manggarai mencapai 378 kepala keluarga (KK) atau 1.348 jiwa penyintas kebakaran itu.
 
Dinas Sosial DKI berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta untuk meminjam fasilitas yang tersedia di sekolah.

Ia juga memastikan KBM tetap bisa dilaksanakan di tengah kondisi yang ada.

Baca juga: Tujuh orang terluka akibat kebakaran Manggarai
 
Pihaknya juga menggandeng Dinas Kesehatan DKI Jakarta, karang taruna hingga BPBD DKI untuk memastikan hak para penyintas bisa terpenuhi.

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan membuka tiga posko layanan medis bagi penyintas kebakaran di RW 06 dan RW 12 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet.
 
Posko kesehatan tersebut akan beroperasi 24 jam dengan mekanisme pembagian tugas menjadi tiga sif per hari dengan mengerahkan sebanyak dua tenaga kesehatan.

Layanan dari Pemerintah Provinsi DKI akan terus diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

Sebelumnya, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan mengerahkan 126 personel untuk memadamkan api di Jalan Remaja 5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa (13/8) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari.

Baca juga: Air dan layanan kesehatan korban kebakaran Manggarai terjamin
 
Kebakaran di permukiman tersebut juga menyebabkan 3.332 dari 1.172 KK terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024