Jakarta (ANTARA) -
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa bakal mengumumkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Ridwan Kamil (RK) dan Suswono yang diusung di Pilkada Jakarta, pada Senin, 19 Agustus mendatang.
 
"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.
 
Sejauh ini, menurutnya partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pun masih membahas teknis pengumuman itu digelar secara terpisah atau secara bersamaan.
 
Walaupun Ketua Umum PAN telah mengumumkan pasangan Ridwan Kamil yakni Suswono, Dasco pun tak menampik hal tersebut. Namun, dia menegaskan Gerindra baru akan secara resmi mengumumkan pasangan itu pada 19 Agustus.

"Ya itu kan nama yang beredar, ada juga ya tadi mungkin Pak Zul sudah ngomong," kata Dasco.
 
Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkap sosok berinisial "S" yang diusulkan sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta 2024 adalah mantan Menteri Pertanian RI sekaligus Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PKS Suswono.
 
Dia menjelaskan bahwa Suswono merupakan rekan satu kabinetnya saat ia menjabat sebagai Menteri Kehutanan RI di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
Untuk itu, Zulhas menepis bahwa sosok inisial "S" merupakan inisial dari Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo.
 
Sejauh ini, Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah diusung oleh Partai Golkar dan juga Partai Gerindra untuk maju sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024. Di samping itu, Partai Gerindra juga telah mengumumkan bahwa PKS dan PKB akan bergabung dalam koalisi.
Baca juga: Zulhas: Inisial "S" yang diusulkan di Pilkada Jakarta adalah Suswono
Baca juga: Sosok S pendamping Ridwan Kamil diumumkan setelah hari kemerdekaan

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024