IKN (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membersihkan Jalan Negara dari debu akibat pembangunan IKN menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Berdasarkan pantauan ANTARA ketika melintasi Jalan Negara kawasan Desa Bumi Harapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, terdapat dua unit road sweeper yang membersihkan debu jalanan imbas proyek pembangunan IKN.

Pembersihan tersebut berlangsung menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Setelah road sweeper menyapu debu yang menumpuk di aspal Jalan Negara, mobil tangki pun menyusul untuk menyiramkan air ke atas aspal yang sudah disapu.

Jalan Negara merupakan salah satu akses yang akan dilalui oleh warga sekitar untuk mengikuti perayaan kemerdekaan RI di Istana Negara IKN.

Selain pembersihan jalan, juga terpasang umbul-umbul bernuansa merah putih dengan tulisan, “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Persiapan penyelenggaraan upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 terus dilakukan di IKN. Per 10 Agustus, mobilisasi kendaraan pengangkut alat berat sudah mulai dihentikan.

IKN mulai bersolek guna mempersiapkan penyelenggaraan upacara nanti. Bendera dan umbul-umbul merah putih mulai dipasang di Istana Negara IKN.

Lebih lanjut, pada Minggu (11/8) dan Selasa (13/8), terpantau sejumlah pesawat TNI Angkatan Udara terus melakukan latihan manuver di langit Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang perayaan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, TNI Angkatan Udara menyiapkan atraksi flypass yang akan ditampilkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur

“Setelah tata upacara militer, ada (atraksi) flypass. Ada juga nanti memberikan hiburan atau memberikan tambahan kegiatan dari TNI-Polri. Kita lihat di tanggal 17,” ucap Heru Budi usai acara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2024 di Istana Negara, IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8).

Baca juga: Presiden: Keberadaan jalan tol dan bandara permudah akses ke IKN
Baca juga: PUPR: Jalan Sumbu Kebangsaan IKN bisa untuk uji coba kereta otonom
Baca juga: PUPR: IKN sudah terhubung jalan, meski belum capai 90 persen rampung

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024