Jakarta (ANTARA) - Pangkoopsud II Marsda TNI Budi Achmadi memeriksa kesiapan pasukan TNI AU dalam melalukan demo udara untuk ditampilkan pada perayaan HUT ke -79 Kemerdekaan Republik Indonesia di langit Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Rabu, pemeriksaan kesiapan itu dilakukan Budi Achmadi dan jajarannya pada Selasa (13/8).

Dia pun melihat beragam latihan terbang yang dilakukan para penerbang TNI AU. Dalam latihan demo ini, TNI AU akan menerjunkan 14 armada pesawat tempur untuk melalukan beragam manuver.

"Enam Pesawat KT-1 Wong Bee dan delapan pesawat F-16 yang akan RI terbang di atas langit IKN dengan melakukan berbagai manuver," seperti dikutip siaran pers tersebut.

Mereka melakukan latihan manuver setelah pasukan Wanita Angkatan Udara (Wara) dan dua peleton pasukan pria melalukan gladi upacara kemerdekaan.

Budi pun menilai latihan manuver dan gladi yang dilakukan TNI AU sudah berjalan maksimal. Dia berharap persiapan yang telah dilakukan ini dapat menyukseskan upacara HUT RI perdana di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Sebelumnya, beberapa satuan TNI AU terlibat dalam gelaran upacara HUT ke-79 di IKN. Salah satu satuan TNI AU yang terlibat yakni Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Komandan Wing Komando I, Kopasgat TNI AU Kolonel Pas Helmi A. Nange mengirim prajuritnya untuk mengikuti upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN

Helmi mengatakan, para pasukannya telah melakukan serangkaian latihan upacara di kawasan Cibubur sebelum diberangkatkan ke IKN.

Helmi memastikan para pasukannya yang dia kirim dalam kondisi bugar sehingga dapat mengikuti jalannya upacara dengan maksimal.
Baca juga: Pesawat TNI AU terus berlatih manuver di langit IKN
Baca juga: Tim Jupiter TNI AU tiba di Balikpapan untuk atraksi di Kota Nusantara
Baca juga: Mayor Kresna terbangkan bendera Merah Putih dan teks proklamasi ke IKN

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024