Berlin (ANTARA) - Meng Meng, panda raksasa betina di Kebun Binatang Berlin, telah dikonfirmasi sedang mengandung bayi kembar setelah hasil pemindaian ultrasonografi (USG) mendeteksi detak jantung dua bayi panda raksasa, demikian diumumkan oleh otoritas kebun binatang tersebut pada Selasa (13/8).

Embrio-embrio tersebut saat ini masing-masing berukuran sekitar 2,5 cm. Kebun Binatang Berlin mengatakan bahwa mereka akan mengalami pertumbuhan signifikan sebelum hari perkiraan lahir mereka pada akhir Agustus.

Kabar gembira ini disampaikan pada Minggu (11/8) setelah penantian selama berpekan-pekan, kata pihak kebun binatang itu.

"Ultrasonografi awalnya mendeteksi detak jantung satu bayi, dan tak lama kemudian, detak jantung bayi kedua teridentifikasi," demikian pernyataan kebun binatang.

Untuk memastikan perawatan terbaik, para ahli dari China telah didatangkan untuk membantu berbagai persiapan.
 
   Panda raksasa "Meng Meng" terlihat di Kebun Binatang Berlin di Berlin, ibu kota Jerman, pada 28 Mei 2020. (Xinhua/Binh Truong)


Meng Meng yang berusia 11 tahun tiba dari China pada 2017. Meng Meng dan pasangannya Jiao Qing adalah induk dari anak panda kembar pertama yang lahir di Jerman pada Agustus 2019, yaitu Meng Xiang dan Meng Yuan. Kedua anak panda kembar itu dikirim kembali ke China pada Desember lalu

Meng Meng menjalani prosedur inseminasi artifisial pada April lalu setelah proses pengamatan intensif dan persiapan yang cermat oleh tim ahli internasional. Pihak kebun binatang tersebut menekankan bahwa panda raksasa betina hanya subur selama kurang lebih 72 jam setiap tahunnya. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024