Banyuwangi (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letnan Kolonel Laut (P) Hafidz mengecek pengamanan dan proses penurunan alat utama sistem persenjataan(alutsista) milik angkatan bersenjata Amerika Serikat (US Army) di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur.

"Ini dalam rangka mendukung suksesnya kegiatan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2024 di wilayah Banyuwangi dan Situbondo," kata Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz dalam keterangannya di Banyuwangi, Rabu.

Kapal MV Cape Husdon berbendera Amerika Serikat itu tiba di Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi pada Senin (12/8) mengangkut sejumlah kendaraan militer Amerika Serikat, di antaranya helikopter tempur dan kendaraan tempur angkut dan lainnya.

Angkatan bersenjata Amerika Serikat mengirimkan alutsista yang akan digunakan dalam latihan gabungan bersama multi nasional yakni Super Garuda Shield tahun 2024.

Pada kesempatan itu, Danlanal Banyuwangi bersama Kolonel Mar Profs Dhegratmen dari Kodiklat TNI melihat langsung proses debarkasi material dan alutsista US Army dari Kapal MV. Cape Hudson menuju area parkir Pelabuhan Tanjung Wangi, dan sekaligus memeriksa kesiapsiagaan prajurit melaksanakan pengamanan.

Danlanal Letkol Laut (P) Hafidz mengatakan keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama dalam kegiatan ini, dan sebelumnya telah melakukan persiapan guna memastikan seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dan aman.

"Kami bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada Lanal Banyuwangi untuk mendukung kegiatan berskala internasional ini, dan menjadi kesempatan bagi kami untuk menunjukkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AL," katanya.

Latgabma Super Garuda Shield 2024 akan berlangsung pada akhir Agustus hingga awal September mendatang dan latihan ini merupakan latihan militer multilateral yang digelar rutin tiap tahun oleh TNI bersama dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat serta melibatkan pasukan dari negara sahabat.
Baca juga: Alutsista AS tiba di Banyuwangi dalam rangka Latgabma SGS
Baca juga: KAL Rajegwesi perkuat Lanal Banyuwangi

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024