Jakarta (ANTARA) - PDI Perjuangan resmi memberikan dukungan kepada Edy Rahmayadi sebagai calon gubernur di Pilkada Sumatera Utara(Sumut) 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu.

"Kami melaporkan Kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri bahwa jumlah total pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang telah diputuskan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan diumumkan pada hari ini berasal dari 305 daerah, sebanyak 13 provinsi," kata Hasto.

"Yakni Provinsi Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Edy Rahmayadi," lanjutnya.

Sebelumnya, Sabtu (10/8), PDI Perjuangan menyerahkan surat tugas kepada Edy Rahmayadi untuk maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) Sumut pada Pilkada Serentak 2024.

Penyerahan surat tugas tersebut diserahkan langsung Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun pada acara Apel Satgas Cakra Buana PDI Perjuangan, di Medan, Sabtu.

"Saya dan jajaran DPP, jajaran Satgas dari pusat, kami ditugaskan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan untuk menyerahkan tugas partai kepada Bapak Letnan Jenderal Edy Rahmayadi nanti menjadi Gubernur Sumatera Utara," ujar Komarudin Watubun.

Komarudin Watubun menjelaskan dalam surat tugas tersebut, Edy Rahmayadi diminta untuk melaksanakan sejumlah tugas termasuk melakukan konsolidasi internal serta melakukan pemetaan politik untuk menghadapi Pilkada 2024 mendatang.

"Letnan Jendral Purnawirawan Edy Rahmayadi sebagai calon gubernur Sumut untuk melaksanakan konsolidasi pada tahun 2024 kepada PDI-P, DPC hingga ranting dan anak ranting untuk pemenangan," kata dia.

Pada Pemilu 2024 di Sumut, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini memperoleh sebanyak 21 kursi dari 100 kursi di DPRD Provinsi Sumut yang secara otomatis telah memenuhi syarat 20 persen perolehan kursi untuk mengusung calon gubernur-wakil gubernur.

Penyerahan surat tugas tersebut dihadiri ribuan orang dari kader hingga simpatisan PDI-P dan pengurus dari DPP PDI-P hingga pengurus DPD PDI Perjuangan Sumut.

"Pak Edy kami sambut salam merdeka.Kita berkumpul untuk mempertaruhkan jiwa raga kita, untuk Indonesia. Pak Edy hari ini, Pertiwi memanggil kamu," ujar dia.
Baca juga: Megawati akan umumkan 305 bakal calon kepala daerah hari ini
Baca juga: Megawati minta kader PDIP bergerak bersama hadapi Pilkada 2024
Baca juga: LSI: Edy Rahmayadi paling populer, Bobby Nasution paling disukai

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024