Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Selasa (13/8) menjadi sorotan, mulai dari Presiden Jokowi memimpin pertemuan dengan para gubernur di IKN hingga rapat pleno DPP Partai Golkar memutuskan Agus Gumiwang sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar.

Berikut lima berita politik pilihan ANTARA:

1. Rapat pleno putuskan Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Golkar

Rapat Pleno DPP Partai Golkar memutuskan Agus Gumiwang sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar.

"Saya diberikan amanat sebagai Plt Ketua Umum partai Golkar dan tugas utama saya mengantarkan Golkar menuju musyawarah nasional (munas) dan rapat pimpinan nasional (rapimnas) partai Golkar," kata Agus Gumiwang.

Baca selengkapnya di sini.

2. Gerindra sebut PKS akan masuk KIM

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan masuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) berdasarkan komunikasi terakhir antara pihaknya dengan partai tersebut.

"Ada opsi dari PKS akan bekerja sama dengan KIM, kami sudah berapa kali berkomunikasi dengan PKS," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini.

3. Presiden Jokowi pimpin pertemuan dengan para gubernur di IKN

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin pertemuan dengan para gubernur di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa, salah satunya membahas koordinasi dalam kebijakan pemerintah pusat dan daerah.

Dalam pertemuan tersebut, sebanyak 36 dari 38 gubernur yang hadir. Dua gubernur, yakni gubernur Sumatera Barat dan Kalimantan Tengah berhalangan hadir, namun keduanya mengirim wakil gubernur untuk mewakili.

Baca selengkapnya di sini.

4. PKB: Tidak ada muktamar tandingan selain yang diselenggarakan di Bali

Ketua Steering Committee (Komite Pengarah) Muktamar PKB Faisol Riza mengatakan bahwa tidak ada muktamar tandingan selain yang diselenggarakan partainya pada 24-25 Agustus 2024 di Bali.

“Ini bukan ormas. Jadi sekali lagi, sekali lagi kami tegaskan, tidak ada Muktamar PKB di luar muktamar yang akan diselenggarakan di Bali,” kata Riza di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini.

5. Masyarakat Betawi sambangi PDIP harap usung Anies di Pilkada Jakarta

Masyarakat Betawi yang tergabung dalam Poros Jakarta menyambangi Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa pagi, untuk menyampaikan aspirasi terkait Pilkada DKI Jakarta 2024.

Berdasarkan pantauan ANTARA, kelompok Poros Jakarta mulai memadati Kantor PDIP sejak pukul 10.20 WIB. Mereka kompak mengenakan pakaian adat Betawi.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024