Jakarta (ANTARA) - Mereka yang hendak mengikuti lomba lari jarak pendek maupun jarak jauh selain harus mempersiapkan kondisi fisik dan mental juga perlu menyiapkan perlengkapan pendukung yang tepat.

Perlengkapan seperti sepatu lari yang nyaman serta pakaian olahraga yang ringan dan menyerap keringat dapat membantu mengoptimalkan performa lari untuk  mencapai garis akhir.

Penyelenggara Maybank Marathon dalam keterangan persnya pada Rabu menyampaikan rekomendasi perlengkapan pendukung yang perlu disiapkan ketika hendak mengikuti lomba lari maraton.

Berikut perlengkapan-perlengkapan yang perlu disiapkan sebelum ikut lari maraton

1. Sepatu lari

Sepatu lari yang aman dan nyaman diperlukan untuk mengikuti lomba lari separuh maraton (10K) maupun maraton penuh. Menurut penelitian BMJ Open Sport & Exercise Medicine, tiga hal utama yang perlu diperhatikan oleh pelari saat memilih sepatu yakni kenyamanan, kinerja, dan kemampuan mencegah cedera.

Karena saat berlari kaki akan mengembang, sebaiknya memilih sepatu yang memiliki jarak cukup, sekitar selebar ibu jari, di antara jari kaki terpanjang dengan ujung sepatu. Baiknya jangan mengenakan sepatu lari baru menjelang hari perlombaan untuk menghindari risiko cedera.

2. Pakaian nyaman

Saat berlari, terutama mengikuti maraton, sebaiknya memakai pakaian yang ringan, nyaman, dan menyerap keringat.

Pertimbangkan juga pemilihan warna pakaian. Pakaian berwarna terang dapat memantulkan sinar matahari, sehingga memberikan rasa lebih sejuk di tengah cuaca yang panas.

Sama seperti sepatu, sebaiknya menggunakan pakaian olahraga yang sudah dipakai saat berlatih agar tubuh sudah terbiasa dan nyaman ketika mengikuti perlombaan.

3. Perlengkapan minum

Bagi pelari, sangat penting untuk menjaga hidrasi tubuh tetap terjaga. Berolahraga dan berkeringat akan meningkatkan kebutuhan cairan tubuh, jadi pastikan mengonsumsi cukup cairan.

Sebelum mulai lomba, perhatikan rute lari dan pos tempat minum yang disediakan di sepanjang lintasan untuk mengatur strategi saat ingin minum. Jika dirasa perlu, pelari juga dapat membawa tas ransel hidrasi punggung atau sabuk botol minum agar tangan tetap bebas bergerak saat berlari.

Baca juga: Hidrasi dan asupan mineral penting saat lari maraton di cuaca panas

4. Kudapan berenergi

Peserta maraton harus berlari sejauh 42 kilometer dan energi yang dibutuhkan untuk itu tidak sedikit. Salah satu cara untuk mengisi kembali tenaga saat berlari adalah mengonsumsi kudapan berenergi.

Para pelari dapat memilih berbagai tipe kudapan berenergi sesuai dengan kebutuhan, bisa memilih yang berbentuk jel maupun batangan. Namun, sebaiknya tidak mengganti merek produk kudapan berenergi yang biasa dikonsumsi secara tiba-tiba atau mencoba kudapan berenergi yang baru saat perlombaan guna menghindari munculnya masalah pada pencernaan.

5. Topi dan kacamata

Saat mengikuti kompetisi lari di negara tropis, pelari bisa menghadapi cuaca yang cukup panas.

Topi bertepi lebar yang berbahan ringan dan mampu menyerap keringat bisa dipilih untuk melindungi kepala dan wajah dari teriknya sinar matahari. Selain itu, topi dapat membantu menghalangi air jatuh ke wajah ketika hujan.

Baca juga: Kiat hindari cekaman panas akibat cuaca panas saat lari maraton

Pelari juga dapat menggunakan kacamata sebagai aksesoris tambahan untuk melindungi mata dan menjaga jarak pandang ketika sinar matahari sangat terik.

6. Jam tangan lari

Sebaiknya pelari menggunakan jam tangan lari yang sama selama latihan dan saat perlombaan agar data larinya terperinci dengan baik.

Jam tangan lari telah dilengkapi dengan GPS yang dapat melacak jarak, kecepatan, dan waktu berlari, sehingga pelari dapat terus memantau performa larinya.

Selain itu, jam tangan lari memiliki fitur pengukur detak jantung yang memudahkan pelari memperhatikan kondisi jantung dan menurunkan kecepatan berlari jika merasa denyut jantung sudah terlalu tinggi.

Pemenang Maybank Marathon 2023 Kategori Nasional Wanita Irma Handayani menyarankan pelari yang akan mengikuti maraton melakukan latihan secara bertahap dengan dedikasi, kesabaran, dan ketekunan.

"Selain itu, gunakan perlengkapan lari yang sesuai dengan kebutuhan guna menunjang performa di tengah berbagai tantangan saat menempuh jarak jauh. Lewat persiapan yang baik, peserta akan semakin siap dan bersemangat untuk mencapai personal best," kata Irma.

Ajang kompetisi lari dengan predikat Elite Label Road Race dari World Athletics, Maybank Marathon 2024 akan dilaksanakan pada 25 Agustus 2024.

"Ini akan menjadi sebuah kesempatan untuk mengekspresikan dan menemukan potensi tersembunyi dalam diri lewat kebersamaan dalam olahraga lari. Tetap semangat, terus berlatih, dan sampai bertemu di Bali United Training Center!" kata Project Director Maybank Marathon Widya Permana.

Baca juga: Kiat siapkan ketahanan mental sebelum ikut lari maraton

Baca juga: Lima hal yang perlu diperhatikan untuk minimalkan risiko lari maraton
 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024