Palembang (ANTARA) -
Tim SAR gabungan menemukan tiga korban jembatan Lalan, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan yang ambruk, karena ditabrak ponton pengangkut batu bara pada Senin (12/8) sekitar pukul 21:30 WIB, dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

"Tiga dari lima korban jembatan Lalan ambruk yang hilang ditemukan tim gabungan dinihari tadi dalam kondisi meninggal, yakni Kusdio sekitar pukul 00:30 WIB, Hendra sekitar pukul 01:40 WIB, dan M Alansyah sekitar pukul 02:15 WIB," kata Kepala Kantor SAR Palembang Raymond Konstantin dikonfirmasi di Palembang, Rabu.
 
Ia menyebutkan Kusdio ditemukan mengapung sudah tidak bernyawa di radius 500 dari lokasi awal. Kemudian, Hendra ditemukan mengapung di radius satu kilometer dari lokasi jembatan dan sudah tidak bernyawa, dan M Alansyah juga ditemukan mengapung sudah tidak bernyawa sekitar 250 meter dari jembatan.

Baca juga: Polda Sumsel dalami penyebab ponton batu bara tabrak Jembatan Lalan
 
Ia mengatakan korban sudah dievakuasi dan langsung diserahkan kepada pihak keluarga masing-masing untuk dilakukan proses pemakaman. "Saat ini tersisa dua korban lagi yang masih terus dilakukan pencarian," katanya.
 
Ia menambahkan dalam proses pencarian kantor SAR Palembang mengkoordinasi seluruh unsur SAR gabungan yang terdiri atas, TNI AL, Polairud, Polsek Sungai lalan, Koramil sungai lalan, Dishub Muba, BPBD Muba, serta masyarakat. Selain itu, juga melakukan pembagian SRU (SAR Unit) dan pemetaan wilayah pencarian untuk masing-masing SRU tersebut.
 
Sebelumnya, jembatan Lalan di Desa Sukajadi P6, Kecamatan Lalan ditabrak ponton batu bara, sehingga ambruk. Dari kejadian tersebut, dilaporkan lima orang hilang, tujuh orang mengalami luka ringan, dan satu orang mengalami luka berat.
 
Sementara itu, aparat Kepolisian Daerah Sumatera Selatan mendalami penyebab Jembatan Lalan, Musi Banyuasin yang roboh, karena ditabrak ponton pengangkut batu bara.

Baca juga: Kapal batubara tabrak jembatan di Muba Sumsel, lima korban hilang

Baca juga: Jembatan Pulau Maringkik Lombok Timur ambruk
 
"Ya, semalam sekitar pukul 21:30 WIB, kejadiannya jembatan di Desa Sukajadi P6, Kecamatan Lalan itu ditabrak ponton batu bara, sehingga roboh. Untuk penyebabnya kenapa bisa menabrak, masih kami dalami," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto
 
Ponton batu bara yang tidak tenggelam juga telah diamankan untuk dilakukan pendalaman perkara.

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024