Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora terjadi di Indonesia, Selasa (13/8), mulai dari gempa berkekuatan 5,5 magnitudo mengguncang Ambon hingga Kemenkes memastikan vaksinasi HPV gratis yang dibagikan di program Bulan Imunisasi Anak Sekolah aman dan berkualitas baik.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
Gempa berkekuatan 5,5 magnitudo guncang Ambon
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa berkekuatan 5,5 magnitudo mengguncang Ambon, Maluku, Selasa pukul 02.12 WIB.
 
Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Selasa (13/8), melaporkan pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 317 kilometer dengan koordinat 5,55 Lintang Selatan (LS)—128,84 Bujur Timur (BT) atau berjarak 222 kilometer dari arah tenggara Kota Ambon.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
UNFPA tekankan peran bidan cegah kematian ibu usai persalinan
 
Badan kesehatan seksual dan reproduksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFPA) menekankan peran bidan menjadi krusial dalam pencegahan kematian ibu usai persalinan.
 
Assistant Representative UNFPA Indonesia Verania Andria dalam gelar wicara di Jakarta, Selasa (13/8), mengungkapkan angka kematian ibu usai persalinan di Indonesia mencapai 189 per 100.000 kelahiran hidup yang setara dengan Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste yang notabene memiliki kemampuan ekonomi lebih rendah dibandingkan dengan Indonesia.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Kementerian PPPA gandeng Komnas & FPL luncurkan laporan data kekerasan
 
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Komnas Perempuan, dan Forum Pengada Layanan (FPL), meluncurkan Laporan Sinergi Data Kekerasan Terhadap Perempuan Tiga Lembaga pada periode data tahun 2023.
 
"Sistem berbasis data kasus kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu hal penting dalam upaya menurunkan kekerasan terhadap perempuan. Ketersediaan data yang lengkap, akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan menjadi syarat mutlak dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi, dalam pembangunan terkait isu perlindungan hak perempuan," kata Sekretaris Kementerian PPPA Titi Eko Rahayu dalam keterangan, di Jakarta, Selasa (13/8).
 
Selengkapnya baca di sini.

BRIN apresiasi periset Indonesia melalui gelaran IIL 2024
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengapresiasi para periset Indonesia melalui gelaran Indonesia Innovator Lecture (IIL) 2024.
 
IIL adalah kuliah umum yang disampaikan oleh inovator atau periset yang telah berhasil melakukan komersialisasi dari inovasi hasil riset.
 
Selengkapnya baca di sini.
Kemenkes pastikan vaksin HPV gratis bagi anak aman dan berkualitas
 
Kementerian Kesehatan mengatakan, vaksinasi human papillomavirus (HPV) gratis yang dibagikan di program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dipastikan aman dan berkualitas baik, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.
 
Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Prima Yosephine di Jakarta Selasa menuturkan, hal tersebut sebagai respon dari adanya sejumlah orang tua yang meragukan keamanan vaksin tersebut, yang menganggap karena gratis akhirnya kualitasnya juga tidak terlalu baik.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024