Kedatangan mereka disambut langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indon
Tangerang, Banten (ANTARA) - Para atlet nasional dari cabang olahraga panjat tebing dan angkat besi yang berhasil meraih medali di Olimpiade Paris, Perancis 2024, tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Selasa malam.

Kedatangan para atlet dari kedua cabang olahraga yang menorehkan prestasi seperti Veddriq Leonardo, Rizki Juniansyah diikuti oleh atlet angkat besi (lifter) putri Nurul Akmal dan atlet panjat tebing putri Rajiah Sallsabillah serta pelatih tiba melalui Terminal VVIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soeta) tepat pada pukul 22.55 WIB.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) Rosan Perkasa Roeslani.

Dalam kesempatan itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan apresiasi dan bangga atas capaian medali emas dalam perhelatan Olimpiade Paris tersebut.

"Hari ini tiba-tiba Indonesia dapat dua emas dari dua cabang olahraga  yang berbeda. Jadi yang satu lagi masih potensi bukan tidak mungkin, kita harus menambah lagi ke depan tetapi memang bagaimana semua pemangku kebijakan atau stakeholder olahraga harus bersatu mempersiapkan ini," ucap Erick usai menyambut kedatangan atlet tersebut.

Ia juga mengatakan dengan capaian prestasi di Olimpiade Paris ini ke depannya diharapkan bisa menjadi motivasi bagi seluruh cabang olahraga lainnya, agar bisa memberikan lebih banyak medali di Olimpiade selanjutnya yaitu di Los Angeles, Amerika Serikat pada 2028.

Baca juga: Presiden pastikan bonus bagi atlet nasional peraih medali Olimpiade
Baca juga: PABSI: Perjuangan Nurul Akmal beri inspirasi pantang menyerah


"Yang saya harapkan ini tidak berpuas diri dengan dua emas, potensinya lebih dari dua emas bagaimana persiapan ini sekarang harus segera mungkin supaya nanti di Los Angeles 2028 bisa lebih banyak lagi capaiannya," ungkap dia.

Kontingen Indonesia berada pada peringkat ke-39 dengan mengoleksi dua medali emas dan satu perunggu pada klasemen akhir Olimpiade Paris 2024.

Perolehan medali emas tim Merah Putih disumbangkan melalui cabang olahraga panjat tebing dan angkat besi.

Di panjat tebing, Veddriq Leonardo membawa pulang medali emas di hari ke-12 penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024 usai menjadi yang tercepat di nomor speed putra.

Sedangkan di angkat besi, Rizki Juniansyah yang tampil di kelas 73 kg putra menggondol medali emas di hari yang sama setelah total angkatannya tak dapat dilampaui oleh lifter dari negara-negara lain.

Medali Indonesia pertama di Olimpiade Paris 2024 diraih melalui cabang olahraga bulu tangkis. Gregoria Mariska Tunjung yang tampil di nomor tunggal putri mengamankan medali perunggu.

Baca juga: Veddriq dan Rizki ikut defile tim Indonesia di penutupan Olimpiade
Baca juga: Veddriq persembahkan emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris


 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024