Magetan (ANTARA) - Sebanyak 1.700 siswa madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Magetan mengikuti kegiatan Pekan Perkemahan Pramuka MI atau "Pekan Madaris Scout Camp" yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang berlangsung dari tanggal 13-15 Agustus 2024.

Perkemahan yang digelar di Lapangan Temenggungan Kecamatan Karas, Magetan tersebut dibuka oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Akhmad Sruji Bahtiar yang mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai salah satu cara untuk mendidik karakter anak.

"Peserta Pramuka ini sudah memiliki jiwa Pancasila dan menjaga NKRI, saya yakin itu. Karenanya, Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kabupaten Magetan yang telah menginisiasi acara ini. Mudah-mudahan kegiatan di Magetan ini menjadi inspirasi di kabupaten lainnya," ujar Akhmad Sruji Bahtiar saat membuka apel kegiatan "Pekan Madaris Scout Camp" di Magetan, Selasa.

Menurut dia, Pramuka mengajarkan kebersamaan, Pramuka menanamkan rasa patriotisme, dan nasionalisme yang tinggi.

Baca juga: Mengenal atribut Pramuka beserta fungsinya

"Jaga, pelihara, dan lestarikan kegiatan ini karena kegiatan ini sangat banyak manfaatnya dan berdaya guna bagi siswa selaku anggota Pramuka dan seluruh masyarakat," kata dia.

Lebih lanjut Akhmad Sruji menyatakan kepramukaan sangat bagus untuk pendidikan dan membentuk karakter anak muda. Sebab semua kegiatan Pramuka dapat menjadi bekal untuk menghadapi kehidupan di masa depan.

Ia juga meminta para generasi muda agar selalu giat belajar untuk meraih prestasi. Kunci untuk meraih hal itu adalah selalu patuh kepada kedua orang tua dan guru serta disiplin.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari membangun karakter generasi muda yang akan datang. Mari ambil hikmah dari kegiatan ini bahwa kebersamaan dan saling menguatkan merupakan pintu sukses," katanya.

Kegiatan Pekan Madaris Scout Camp tahun ini mengusung tema "Rajut Kebersamaan, Raih Asa dan Karya Menuju Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia". Selain dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Jatim, pembukaan Pekan Madaris Scout Camp juga dihadiri Ketua DPRD Magetan, Kepala Kemenag Magetan, OPD terkait, Forkopimca Karas, Kepala Sekolah MIN se-Kabupaten Magetan, dan Kwartir Cabang Magetan,

Baca juga: Sejarah Pramuka dan sosok di baliknya

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024