STIE Syari'ah Bengkalis sudah layak menjadi Institut. Hal itu karena letak geografis yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia
Bengkalis, Riau, (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan penilaian atau asesmen lapangan terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis, Provinsi Riau untuk beralih status menjadi Institut Negeri Junjungan.

Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof. Rohmat Mulyana Sapdi secara daring, Selasa, mengatakan bahwa STIE Syariah Bengkalis sudah layak menjadi Institut. Hal itu karena letak geografis yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

"Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan daerah lain untuk melanjutkan pendidikan di Bengkalis sehingga ke depannya Sumber Daya Manusia dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar lebih meningkat," katanya

STIE Syariah dianggap perlu menjadi Institut Negeri Junjungan tidak hanya karena berada di lokasi yang strategis. Akan tetapi juga karena saat ini berbagai kerja sama telah dilaksanakan dengan Malaysia dan Thailand.

Ketua Yayasan STIE Syariah Bengkalis Muhammad Isa Selamat dalam kesempatan itu mengatakan perubahan bentuk ini juga telah mendapat dukungan dari Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso.

Ia menambahkan filosofi Institut Negeri Junjungan memiliki makna selaras dengan Kabupaten Bengkalis yang saat ini berjuluk Negeri Junjungan.

"Dengan demikian tercetus ide bahwa STIE Syariah Bengkalis akan menjadi Institut Negeri Junjungan. Semoga perubahan bentuk ini kedepannya dapat mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju, dan Sejahtera," katanya.

Lebih lanjut dia berharap dukungan semua pihak khususnya masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk bersama-sama mendukung terbentuknya Institut Negeri Junjungan. Jika ini terwujud maka akan menambah daftar Perguruan Tinggi Negeri di
Bengkalis.

"Sebelumnya sudah ada Politeknik Negeri Bengkalis dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, maka tidak salah kalau STIE Syariah Bengkalis menjadi Institut," ujar Isa.

Baca juga: 136 desa di Kabupaten Bengkalis miliki rumah "restorative justice" 
Baca juga: Menteri LHK pimpin tanam pohon mangrove serentak dari Bengkalis
Baca juga: Riau-BUMN China jajaki kerja sama bangun 6,1 km Jembatan Bengkalis

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024