Moskow (ANTARA) - Respons Iran terhadap pembunuhan kepala politik Hamas, Ismail Haniyeh, oleh Israel akan ditandai dengan pendekatan yang terukur, kata Aliasghar Shafieian, penasihat kampanye media Presiden terpilih Masoud Pezeshkian.

"Mungkin 40 tahun yang lalu, beberapa tindakan Iran dilakukan dengan penuh semangat dan emosional," katanya kepada The Washington Post pada Senin.

Ia menambahkan bahwa Iran akan menanggapi dengan cara yang "matang."

Dia mengatakan respons Teheran tidak diharapkan seperti serangan selama berjam-jam yang terlihat pada bulan April.

Shafieian mengatakan bahwa pembunuhan Haniyeh adalah "misi berbasis intelijen," dan menambahkan bahwa "respons Iran akan bersifat serupa dan pada tingkat yang sama."

Iran mengatakan bahwa respons itu akan terbatas untuk menghindari eskalasi konflik, kata seorang anggota parlemen Irak yang memiliki hubungan dengan milisi yang didukung Iran di negara itu kepada surat kabar tersebut.

"Kami diberitahu (oleh Iran) bahwa responsnya akan terbatas," katanya, seraya menambahkan bahwa Teheran "tidak ingin memperluas perang."

Sementara itu, seorang warga Lebanon yang memiliki hubungan dengan gerakan Hizbullah mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa Iran khawatir Israel dan AS dapat menyerang program nuklir negara itu untuk sesuatu yang disebut "pada dasarnya menetralkan pencegahan nuklir Iran."

Pada 31 Juli, Hamas mengatakan bahwa serangan Israel telah menewaskan Haniyeh di kediamannya di Teheran, tempat dia tiba untuk menghadiri pelantikan presiden baru Iran.

Hamas menyalahkan Israel dan AS atas kematian Haniyeh dan mengatakan bahwa serangan itu tidak akan dibiarkan tanpa balasan.

Sumber: Sputnik

Baca juga: AS: Pekan ini Iran mungkin balas pembunuhan Haniyeh
Baca juga: Iran tidak ingin mengganggu perundingan gencatan senjata Gaza
Baca juga: Wang Yi: Pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh langgar Piagam PBB

 

Penerjemah: Primayanti
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024