Semoga langkah kecil ini bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengumpulkan sebanyak 72 kantong darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk perayaan HUT ke-79 RI, tetapi juga sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar Sulaimi di Jantho, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan spesialistik yang dipusatkan di Lobi Kantor Bupati Aceh Besar, Kota Jantho.

Ia menjelaskan aksi donor darah itu merupakan kerja sama Pemkab Aceh Besar dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Aceh Besar dengan total darah yang dikumpulkan sebanyak 72 kantong darah dari 111 ASN yang mendaftar.

Ia mengatakan kegiatan kemanusiaan tersebut untuk membantu sesama dan sebagai bentuk kontribusi dalam memperingati hari kemerdekaan.

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk perayaan HUT ke-79 RI, tetapi juga sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama," katanya.

Baca juga: ASN Pemerintah Aceh sumbang 42 ribu kantong darah melalui PMI
Baca juga: Korem Lilawangsa kumpulkan 1.008 kantong darah bantu kebutuhan darah


Ia mengatakan donor darah adalah tindakan mulia yang bisa menyelamatkan nyawa banyak orang.

"Semoga langkah kecil ini bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Sulaimi.

Koordinator PMI Aceh Besar Mukhsin Hasan mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam mendukung kegiatan donor darah tersebut.

Menurut dia, donor darah yang dilakukan Pemkab Aceh Besar tersebut merupakan yang ketujuh kalinya dilakukan sejak September 2023 lalu.

Ia menjelaskan, dari 111 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendaftar untuk donor darah sebanyak 39 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat, 11 orang mengalami masalah pada tekanan darah, sementara 28 lainnya terkendala pada kadar hemoglobin (HB).

Baca juga: Kemenkumham Sumsel gelar donor darah massal bantu penuhi stok PMI 
Baca juga: Jusuf Kalla: 93 persen kebutuhan darah nasional telah terpenuhi 
Baca juga: BCA raih penghargaan dari PMI Jakarta karena aktif gelar donor darah

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024