Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran untuk Bidang Studi dan Penelitian Dr. Mohammad Hasan Sheikholeslami melakukan kunjungan ke Jakarta untuk memperkuat hubungan negaranya dengan Indonesia.

"Walaupun terdapat tekad besar oleh pejabat tinggi kedua negara. Tapi, kedua negara masih menghadapi tantangan untuk memperluas hubungan bilateralnya," kata Sheikholeslami dalam pengarahan media di Kediaman Duta Besar Iran untuk Indonesia di Jakarta, Selasa.

Tantangan yang dihadapi kedua negara, kata dia, adalah tidak saling mengenal, atau kurangnya pengenalan antar kedua negara.

Sheikholeslami menyadari bahwa tantangan tersebut dialami di antara berbagai kelompok masyarakat di kedua negara, seperti para cendekiawan, budayawan, dan berbagai golongan masyarakat lainnya.

Tidak maksimalnya hubungan di antara masyarakat, menurut dia, dapat menciptakan kesalahpahaman atau penafsiran yang keliru di antara satu sama lain.

Oleh karena itu, Iran menilai perlu ada upaya lebih lanjut untuk mempererat hubungan di antara masyarakat di kedua negara

Untuk itu lah, dalam kunjungannya Sheikholeslami melakukan beberapa pertemuan dengan berbagai para cendekiawan, sejumlah institut penelitian, badan strategi, dan lembaga lainnya yang berkaitan dengan perkumpulan para cendekiawan dan pemikir di Indonesia.

Melalui pertemuan dan diskusi yang ia dan rombongannya lakukan selama kunjungan tersebut, Sheikholeslami berharap hal itu dapat mempererat hubungan dan meningkatkan upaya untuk saling memahami di antara kelompok masyarakat di kedua negara.

"Kami percaya bahwa diperluasnya hubungan dan interaksi kedua negara, ini sangat penting," kata Sheikholeslami.

"Dengan adanya dua pemerintahan baru di dua negara, mengenal politik luar negeri kedua negara dan berbagai definisi dan juga batasan-batasannya menjadi hal yang sangat penting agar berbagai rancangan yang dilakukan kedua negara dilakukan dengan penuh pengetahuan terhadap satu sama lainnya," kata dia lebih lanjut.

Sementara itu, dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pesan belasungkawa dari pemerintah dan masyarakat Indonesia atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas pesan selamat yang disampaikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo atas terpilihnya Masoud Pezeshkian sebagai Presiden baru Iran.

Baca juga: Indonesia kecam pembunuhan petinggi Hamas Ismail Haniyeh di Iran
Baca juga: Pezeshkian dilantik sebagai presiden baru Iran
Baca juga: Pemerintah Indonesia prihatin atas jatuhnya helikopter Presiden Iran


Pewarta: Katriana
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024