Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Dalam sebuah acara pertemuan karyawan dari divisi litbang (R&D) dan teknologi, Technology Conference 2024, yang baru saja berlangsung di kantor pusat global di Shanghai, Shanghai Electric (SEHK:2727, SSE:601727) mengumumkan rencana ambisius untuk meningkatkan kemandirian sains dan teknologi, terutama di bidang-bidang baru.

Lewat pertemuan internal ini, Shanghai Electric juga memaparkan rencana pengembangan bisnis baru di unit bisnis energi baru dan peralatan industri. Rencana tersebut mengungkap sejumlah langkah terperinci untuk meningkatkan kepiawaian Shanghai Electric dalam bidang teknologi guna memperkuat status perusahaan sebagai pemimpin pasar.

"Di tengah kondisi pasar global yang kompleks, serta diliputi berbagai peluang dan tantangan, Shanghai Electric berkomitmen meningkatkan inovasi teknologi menuju jenjang baru sebagai bagian dari perkembangan perusahaan," ujar Wu Lei, Chairman, Shanghai Electric. "Demi mencapainya, kami mengintegrasikan berbagai sumber daya untuk mengembangkan ekosistem inovasi dan memperkuat tim teknik guna menjawab tuntutan industri. Langkah tersebut menjadi bagian dari strategi yang lebih luas untuk mengoptimalkan cetak biru yang berorientasi pada inovasi guna mewujudkan pertumbuhan pada masa depan."

Ketika memaparkan arah perkembangan perusahaan, sejalan dengan strategi nasional Tiongkok untuk membangun model ekonomi yang berpusat pada teknologi, Wu menjelaskan, Shanghai Electric akan menggencarkan sinergi antara unit-unit bisnis pada level grup guna mempercepat proyek-proyek inovasi.

Lebih lagi, Shanghai Electric, memprioritaskan industri-industri unggulan dan baru, ingin membangun sejumlah laboratorium, serta pusat penelitian dan pengembangan berskala nasional sebagai sentra inovasi teknologi. Shanghai Electric berupaya meningkatkan presisi proyek inovasi, aktif terlibat dalam aplikasi teknologi, serta mengoptimalkan kebijakan pendukung untuk SDM teknologi agar sukses membuat terobosan penting.

Mentransformasi SDM lewat rencana aksi tiga tahun

Shanghai Electric juga meluncurkan rencana aksi tiga tahun yang memfasilitasi pertumbuhan bisnis dan perkembangan teknologi, melansir sejumlah langkah untuk mempertajam daya saing utama dengan meningkatkan pelatihan dan pengelolaan SDM muda. Dengan menjalankan dua pendekatan yang memadukan program pelatihan internal dan program rekrutmen eksternal, Shanghai Electric ingin menarik minat dan mempertahankan tenaga profesional terbaik di bidangnya.

Sebagai bagian dari rencana aksi tersebut, The Shanghai Electric Excellence Engineer Academy terbentuk sebagai platform pengembangan SDM yang membina SDM teknik dengan keahlian inovasi, serta mengasah keahlian dan wawasan penting yang turut menentukan arah perkembangan industri.

Meningkatkan Litbang dengan investasi di sektor-sektor baru

Pada periode 2021-2023, Shanghai Electric mengalokasikan RMB 17,7 miliar untuk aktivitas penelitian dan pengembangan, bahkan 30% dari anggaran ini berkaitan dengan sektor-sektor baru, seperti tenaga bayu, tenaga surya, penyimpanan hidrogen, peralatan otomatis, serta perangkat lunak industri. Shanghai Electric pun terus menjalankan inisiatif "Project Management of R&D Investment Regarded as Profit Assessment" dengan menggarap 11 proyek baru pada 2023, mendukung 50 proyek sehingga mendatangkan profit senilai RMB 940 juta.

Menggerakkan inovasi lewat kerja sama universitas-industri

Pada 9 April lau, Shanghai Jiao Tong University dan Shanghai Electric menjalin kerja sama strategis sebagai bentuk hubungan jangka panjang dan berkelanjutan. Lewat kerja sama tersebut, kedua pihak akan membangun sebuah pusat riset peralatan teknologi pintar dan ramah lingkungan. Fasilitas ini akan memenuhi kebutuhan nasional dan industri strategis di Shanghai melalui inovasi teknologi dan pembinaan SDM, khususnya industrialisasi teknologi inovatif.

Inisiatif ini disusul sebuah aliansi penting yang terjalin dengan lembaga pendidikan tinggi bergengsi lainnya, Tsinghua University, pada 23 Juli lalu. Kemitraan ini akan menyempurnakan solusi manufaktur canggih dan energi rendah karbon lewat platform inovasi tingkat tinggi.

"Dengan menyusun rencana yang jelas dan terperinci, Shanghai Electric siap menjadi penggerak inovasi yang berkomitmen terhadap strategi nasional dan perkembangan industri. Lewat upaya kolektif dalam penelitian dan pengembangan, serta kolaborasi strategis bersama pemimpin industri dan lembaga pendidikan, Shanghai Electric ingin mencapai target-targetnya, serta membuat standar industri baru melalui kemitraan, serta menghadirkan terobosan teknologi di industri-industri unggulan dan baru," jelas Wu. 

Informasi lebih lanjut tersedia di https://www.shanghai-electric.com/group_en/.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024