kita siap semua di sini 24 jam
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memastikan air bersih dan layanan kesehatan tersedia bagi korban kebakaran di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.

"Untuk itu, kita siap semua di sini 24 jam memberikan layanan toilet dan air bersih," kata Kepala Sudin LH Jakarta Selatan Mohamad Amin di Jakarta, Selasa.
 
Amin mengatakan bantuan itu sebagai langkah cepat untuk menyediakan sejumlah fasilitas darurat bagi mereka. 
 
Ia menyebutkan, pihaknya mengerahkan tiga unit mobil toilet portabel, satu mobil air bersih, bersama sepuluh petugas untuk menunjang kebutuhan warga di lokasi pengungsian.

"Mungkin sampai nanti sore atau malam akses listrik di sekitar sini masih terputus, maka dari itu kami memberikan bantuan," ujarnya.

Baca juga: Jaksel distribusi bantuan ke pengungsi korban kebakaran Manggarai

Dengan fasilitas tersebut, ia berharap dapat membantu meringankan beban korban kebakaran, terutama untuk buang air besar atau kecil.

Sementara, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan membuka tiga posko layanan medis bagi penyintas kebakaran di RW 06 dan RW 12 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet.

"Kita buat posko di area Stasiun Manggarai, gudang atau bengkel KAI, dan di dekat SDN 05 Manggarai," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Yudi Dimyati.

Yudi menjelaskan layanan yang diberikan meliputi, pemeriksaan kesehatan, pemberian obat hingga pengobatan trauma (trauma healing), khususnya bagi anak-anak.

Posko kesehatan tersebut akan beroperasi 24 jam dengan mekanisme pembagian tugas menjadi tiga sif per hari dengan mengerahkan dua tenaga kesehatan.

Baca juga: BPBD gerak cepat bantu korban kebakaran di Manggarai

"Semuanya gratis dan kita juga turut melakukan pemeriksaan kandungan makanan katering yang dibagikan kepada penyintas kebakaran," katanya. 

Ia menambahkan, layanan kesehatan di posko akan terus diberikan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

"Semoga dengan layanan kesehatan yang kita berikan akan menjaga kesehatan jasmani, rohani dan mental penyintas kebakaran," katanya. 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024