kegiatan ini untuk meningkatkan kecintaan masyarakat di daerah ini tentang arti kemerdekaan
Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura mengadakan.konvoi kendaraan dan membagikan 1.708 bendera merah putih bagi masyarakat daerah setempat dalam menyambut HUT Ke-79 Kemerdekaan RI 2024.

Konvoi kendaraan dimulai pukul 10.00 WIT dari Mapolres Jayapura dengan melibatkan puluhan kendaraan dinas dan berbagai instansi dan komunitas lainnya diantaranya RAPI, ORARI, Kominfo, Komunitas SKIN Mobil Jeep Papua, Komunitas Motor Vespa, Alumni 94 SMP Negeri 1 Sentani dan Alumni 97 SMA Negeri 1 Sentani yang dihias dengan atribut merah putih pada Selasa.

Kapolres Jayapura AKBP Umar Nasatekay di Sentani, Selasa mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kecintaan masyarakat di daerah ini tentang arti kemerdekaan.

“Kami ingin mengingatkan kembali arti penting dari kemerdekaan dan nasionalisme kepada seluruh masyarakat maka dengan konvoi ini diharapkan dapat menanamkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air yang lebih mendalam,” katanya.

Baca juga: Kantor Kemenko IKN bisa dipakai aktivitas pemerintahan setelah HUT RI

Menurut Kapolres, selain kegiatan konvoi kendaraan, ada juga pembagian 1.708 bendera merah putih kepada warga di sepanjang rute perjalanan.

“Ini bentuk peran aktif polisi sebagai penjaga keamanan tetapi juga bentuk perhatian sosial dalam menumbuhkan cinta tanah air kepada masyarakat Papua di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Dia mengajak peran aktif masyarakat dalam menyambut HUT Ke-79 Kemerdekaan RI 2024 bagaimana nilai-nilai perjuangan itu harus diwariskan kepada generasi selanjutnya.

“Tolong menolong, kerja sama, sekolah, belajar, olahraga, bekerja keras merupakan nilai luhur yang harus diwarisi generasi saat ini dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif,” katanya.

Dia menambahkan 1.708 merupakan jumlah bendera merah putih yang dibagikan melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia, 1945.

“Kami ingin menegaskan komitmen Polres Jayapura untuk mengedukasi dan melibatkan masyarakat dalam perayaan hari bersejarah ini dalam bentuk apapun termasuk yang dilakukan saat ini,” ujarnya.

Rute konvoi melewati beberapa jalan utama di kota Sentani, termasuk Jalan Raya Doyo Lama hingga Stadion Lukas Enembe, yang dipenuhi warga yang antusias menyaksikan acara tersebut.
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024