Adanya oknum pengemudi jip wisata yang ditangkap Polresta Sleman karena dugaan kasus narkoba menjadi keprihatinan kami, sejak dahulu kami selalu menekankan kepada pelaku wisata untuk berkomitmen mengutamakan kenyamanan dan keselamatan wisatawan
Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau seluruh pelaku wisata di wilayah itu agar mengutamakan aspek pelayanan dan keselamatan wisatawan sesuai dengan Sapta Pesona.

"Adanya oknum pengemudi jip wisata yang ditangkap Polresta Sleman karena dugaan kasus narkoba menjadi keprihatinan kami, sejak dahulu kami selalu menekankan kepada pelaku wisata untuk berkomitmen mengutamakan kenyamanan dan keselamatan wisatawan," kata Kepala Dispar Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Selasa.

Menurut dia, Dinas Pariwisata Sleman tidak bosan-bosannya selalu menekankan kepada semua pengelola objek wisata, pengelola destinasi wisata dan pelaku wisata yang ada di Kabupaten Sleman untuk selalu berpegang teguh pada Sapta Pesona.

"Utamanya dalam menjamin keamanan dan kenyaman wisatawan selama berwisata di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, imbauan itu tidak hanya ditekankan sekali ini saja, namun di setiap kesempatan selalu disampaikan.

"Selama ini kami gencar menyerukan imbauan tersebut melalui kegiatan sosialisasi dan forum komunikasi pelaku usaha pariwisata Sleman," katanya.

Ishadi mengatakan, menindaklanjuti kasus penangkapan tiga orang tersangka peredaran jip wisata yang ditangkap polisi akibat mengonsumsi narkoba jenis trihexphenidyl tersebut, Dispar Sleman pekan depan akan memanggil seluruh komunitas jip wisata Kabupaten Sleman, khususnya di kawasan Kaliurang, Pakem dan Kaliadem, Cangkringan.

"Kami akan menekankan kembali pentingnya mengutamakan keamanan dan kenyamanan wisatawan, sekaligus dampak yang ditimbulkan apabila melakukan pelanggaran. Utamanya terkait standar keamanan pengemudi jip wisata, terkait dengan larangan mengemudi dalam keadaan berbahaya (mabuk dan/atau dalam pengaruh obat berbahaya)," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan menyampaikan dampak terkait pelanggaran larangan tersebut, baik bagi pengemudi, pengusaha, dan pada citra pariwisata Sleman.

Dispar Sleman juga menyiapkan langkah terukur dan sistematis, termasuk menjalin kordinasi dengan instansi lainnya, sebagai strategi Dinas Pariwisata Sleman dalam perbaikan pariwisata Sleman di masa yang akan datang.

"Salah satunya, koordinasi lebih lanjut dengan BNN Kabupaten Sleman, Kapolresta Sleman, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman dan pihak lainnya," katanya.

Baca juga: JIHW#12 tawarkan keindahan candi dan tradisi masyarakat pedesaan
Baca juga: Dispar Sleman: Pengelola destinasi wisata harus kelola sampah mandiri
Baca juga: Wabup: Tour de Merapi jadi ajang promosi pariwisata Sleman

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024