Iya kalau tidak salah sudah ada 50 ribu lebih siswa-siswi kita yang mendaftar volunteer, itu data seminggu yang lalu, sudah ada 50 ribu lebih, kalau sekarang belum tahu
Medan (ANTARA) -  
Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyebut sekitar 50 ribu siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di wilayah ini mendaftar sebagai relawan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Kepala Bidang SMA Disdik Sumut Basir Hasibuan mengatakan jumlah tersebut merupakan data yang diperoleh dalam sepekan terakhir yang dimungkinkan akan terus bertambah.

"Iya kalau tidak salah sudah ada 50 ribu lebih siswa-siswi kita yang mendaftar volunteer, itu data seminggu yang lalu, sudah ada 50 ribu lebih, kalau sekarang belum tahu," ujar Basir Hasibuan di Medan, Selasa.

Dia menjelaskan keterlibatan siswa menjadi volunteer atau relawan merupakan bukti antusias masyarakat Sumut dalam menyambut ajang olahraga nasional tersebut.

Baca juga: Sudah 14.000 orang mendaftar jadi relawan PON 2024

"Kan relawan ini bukan hanya yang diikutkan di pelaksanaan PON secara langsung. Relawan ini banyak maknanya, ada yang jadi duta, ikut menyemarakkan," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut Wilayah 1 August Sinaga mengatakan green volunteer merupakan kategori yang paling banyak dipilih para siswa-siswi tersebut.

Ia mengatakan siswa-siswa yang mendaftar jadi sukarelawan PON tidak mengganggu proses belajar.

Baca juga: Pemerintah pastikan kesiapan infrastruktur PON 2024 capai 85 persen

"Tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, misalnya guru tetap mengajar, hanya diberi pin dan sertifikat serta terdaftar di sistem, tugasnya menyampaikan kegiatan-kegiatan PON baik di sekolah maupun di tengah masyarakat, dan menyampaikan salam PON dan lainnya," ujar Agust Sinaga.

PB PON Wilayah Sumut  menargetkan 70.000 relawan yang akan bertugas pada 10 kabupaten/kota se-Sumut.

Sebelumnya Sekretaris Umum PB PON Sumut Armand Effendy Pohan menyebut jumlah relawan yang akan bertugas pada PON 2024 di wilayah ini melebih target yang ditetapkan. "Tembus dan melebihi target volunteer sebanyak 81.200 orang di seluruh daerah Sumut," ucapnya.

Baca juga: Sekum PB PON sebut volunteer PON 2024 di Sumut melebihi target


Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024