titik api yang terpencar sehingga menyulitkan petugas melakukan pemadaman
Jambi (ANTARA) - Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kota Jambi menurunkan 12 armada untuk memadamkan api yang membakar 3,5 hektare lahan di Kelurahan Tanjung Johor, Kota Jambi, Selasa.

Kepala Dinas Damkartan Kota Jambi Mustari di Jambi, Selasa mengatakan luas lahan yang terbakar mencapai 3,5 hektare dari total luasan lahan yang mencapai sembilan hektare.

Dalam pemadaman ini, Damkar menurunkan Pleton 2 Mako, Regu 2 Posyankar Jamkose, Regu 2 Posyankar Jambi Timur, Regu 2 Posyankar Paal merah dan anggota jaga.

"Total ada 100 personel yang diturunkan, juga bantuan dari TNI dan Polri," katanya.

Lama operasi pemadaman api memakan waktu selama tiga jam 10 menit. Personel mendapati berbagai hambatan, seperti jarak titik api 300 meter sehingga petugas membentang selang panjang.

Selain itu, kurangnya sumber daya air di wilayah kebakaran juga menghambat proses pemadaman serta kondisi lahan gambut yang mengering dan mudah terbakar.

"Angin yang berhembus kencang membuat api cepat meluas, titik api yang terpencar sehingga menyulitkan petugas melakukan pemadaman," kata dia.

Baca juga: Damkar Kota Jambi turunkan 52 personel padamkan kebakaran lahan
Baca juga: Polda Jambi tangkap empat tersangka pelaku pembakaran lahan


Ia mengungkapkan, api berhasil dipadamkan dengan menghabiskan 90 ribu liter air dan 40 liter Liquid Foam.

Mustari menyebutkan kebakaran berasal dari api diduga dari pembakaran sampah yang ditinggal dan pembuangan puntung rokok yang disengaja. Dalam kebakaran ini tidak terdapat korban jiwa.

Sebelumnya pada Senin malam (12/8), Damkar juga memadamkan api yang membakar lahan seluas tiga tumbuk.

Kebakaran lahan ini terjadi di Tanjung Pasir, Kota Jambi. Butuh waktu selama satu jam 10 menit untuk memadamkan api tersebut. Api diduga berasal dari pembakaran sampah.

Baca juga: Dua helikopter pembom air dikerahkan padamkan karhutla di OKI
Baca juga: BNPB: Operasi karhutla di enam provinsi berlaku aktif sampai November
Baca juga: Damkar Belitung padamkan kebakaran satu hektare lahan kering

Pewarta: Tuyani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024