marbot yang terpilih adalah hasil kesepakatan pengurus masjid dan pihak kecamatan
Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau memberikan umrah gratis kepada marbot rumah ibadah di wilayah setempat.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Boy Wijanarko di Natuna, Selasa, mengatakan program tersebut berada di Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna.
 
"Kita ada program umrah gratis untuk pengurus masjid," ucap dia.
 
Terpisah Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Natuna Sudirman mengatakan umrah gratis baru dilaksanakan pada 2024.
 
Selain biaya umrah Pemkab Natuna juga menanggung beberapa biaya lainnya, seperti pembuatan paspor, biaya vaksinisasi maningitis, transportasi, penginapan, makan dan minum selama di Kota Batam bahkan penerima umrah gratis juga diberikan uang saku.

Adapun dana yang dikeluarkan untuk menyukseskan program tersebut berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2024.
 
"Total ada sembilan orang yang akan diberangkatkan, delapan marbot masjid satu orang pendamping dari Kesra," katanya.

Baca juga: Wali Kota Lhokseumawe janji umrahkan semua imam desa
Ia menjelaskan marbot yang diberikan umrah gratis berasal dari masjid kecamatan tertua di setiap wilayah, yang dibuktikan dengan surat keputusan pengurus masjid yang ditandatangani oleh camat setempat.
 
"Marbot yang kita pilih ini sebelumnya kita urutkan dari kecamatan tertua, dan marbot yang terpilih adalah hasil kesepakatan pengurus masjid dan pihak kecamatan," ujar dia.
 
Ia menyebut para peserta umrah dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 18 Agustus 2024 melalui Kota Batam dan akan kembali ke Natuna pada 31 Agustus 2024.
 
Ia berharap marbot yang diberangkatkan diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah di tanah suci.
 
"Jamaah akan diberangkatkan ke Kota Batam dulu pada 15 Agustus, pelepasan akan dilakukan di Ruang Kerja Wakil Bupati Natuna," imbuh dia.

Baca juga: Guru berprestasi dapat umrah gratis
Baca juga: Kupang berangkatkan penjaga masjid umroh gratis

 

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024