Jakarta (ANTARA) - Jeruk lemon dan jeruk nipis seringkali dianggap sama karena keduanya memiliki rasa asam yang khas dan sering digunakan sebagai tambahan bahan makanan maupun minuman. Namun, ternyata kedua jeruk ini memiliki perbedaan.
 
Perbedaan jeruk lemon dan jeruk nipis cukup signifikan, mulai dari warna kulit, bentuk, kandungan, bahkan tingkat rasa keasamannya. Sehingga, sangat penting untuk mengenal perbedaan jeruk lemon dan jeruk nipis agar penggunaannya bisa tepat.

Perbedaan jeruk lemon dan jeruk nipis
1. Ukuran, bentuk, dan warna
Perbedaan paling terlihat antara jeruk lemon dan jeruk nipis adalah bentuk, warna kulit, dan ukurannya.
Jeruk lemon biasanya lebih besar sekitar 5-10 cm dengan bentuk lonjong atau oval. Kulit lemon cenderung lebih tebal dan berwarna kuning cerah. Sementara itu, jeruk nipis umumnya lebih kecil sekitar 5-8 cm dengan bentuk yang bulat. Warna kulit jeruk nipis bisa hijau muda hingga kuning. Kulit jeruk nipis juga lebih tipis dibandingkan dengan lemon.
 
2. Tingkat keasaman
Dibandingkan dengan lemon, jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi. Lemon sebagian besar terdapat kandungan asam sitrat, sedangkan jeruk nipis mengandung asam ekstra yang menghasilkan rasa pahit yang khas.
 
3. Kegunaan
Aroma lemon juga lebih harum dan segar, sehingga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam minuman, makanan, atau kecantikan. Lemon biasanya digunakan untuk memberikan kesegaran dalam minuman seperti limun, teh, atau infused water. Sedangkan dalam makanan digunakan untuk bahan makanan penutup seperti es krim, kue kering, kue keju, dan pai.
 
Sedangkan jeruk nipis memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan lemon. Memiliki rasa asamnya yang lebih kuat, jeruk nipis sering digunakan dalam masakan untuk memberikan rasa asam, seperti dalam sambal, soto, atau salad. Tak jarang jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan bau amis daging atau ikan sebelum dimasak. Aroma jeruk nipis juga lebih kuat dibandingkan lemon.
 
4. Kandungan nutrisi
Kedua buah ini sama-sama kaya akan vitamin C, kandungan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Namun, lemon cenderung memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk nipis. Selain itu, jeruk nipis mengandung lebih banyak vitamin A.
 
Kandungan lain dalam jeruk nipis yakni asam sitrat, zat fitokimia, antioksidan, vitamin B kompleks, dan mineral. Sedangkan kandungan jeruk lemon lainnya yakni vitamin B6, kalsium, kalium, serat, protein, dan karbohidrat.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024