Tujuan kegiatan ini untuk memotivasi peternak memproduksi bibit ternak yang berkualitas
Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkolaborasi dengan Perkumpulan Peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) Kulon Progo menggelar Kontes Kambing PE Ras Kaligesing di Jogja Agro Park untuk mencari bibit unggul.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Drajat Purbadi di Kulon Progo, Selasa, mengatakan kegiatan ini bertujuan melestarikan dan memberikan apresiasi bagi para peternak kambing PE Kulon Progo.

"Tujuan kegiatan ini untuk memotivasi peternak memproduksi bibit ternak yang berkualitas," kata Drajad.

Menurut dia, kegiatan ini dapat melahirkan kambing PE yang ke depannya semakin berkualitas.

"Selain itu tujuannya sebagai bahan evaluasi kepada penentu kebijakan terhadap perkembangan perbibitan ternak kambing PE khususnya di Kabupaten Kulon Progo," katanya.

Baca juga: Pemkab Kulon Progo dukung pembentukan Kawasan Geopark Jogja

Baca juga: DKP Kulon Progo serahkan bantuan sarana pengawasan kepada pokmaswas


Sementara itu, Paniradya Pati Kaistimewaan Aris Eko Nugroho mengatakan Kulon Progo merupakan pintu masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta dari arah barat, sehingga perlu ada tempat yang menciptakan kesan membekas bagi pengunjung.

"Salah satunya kita mencoba menyiapkan Jogja Agro Park ini sebagai salah satu bentuk bagaimana kontribusi pemerintah terhadap industri perbenihan, pembibitan, maupun aktivitas budaya agrobisnis yang ada di Yogyakarta," katanya.

Aris berharap terus terjalin kerja sama yang baik dari semua pihak karena masih banyak tantangan ke depan khususnya dalam pelestarian kambing PE ras Kaligesing.

"Bagaimana kita menjaga kambing PE yang merupakan ras Kaligesing dan endemik di salah satu Kabupaten khususnya di kabupaten Kulon Progo, ini harapan kita genetiknya dapat kita jaga," katanya.

Sekda Kulon Progo Triyono mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen kita untuk memajukan sektor peternakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta hewan ternak.

Melihat perkembangan dan hasil kontes ini, Triyono yakin bahwa Kulon Progo dapat menjadi peternak PE ras Kaligesing yang terbaik.

"Mari kita jadikan acara ini sebagai momentum untuk terus berkembang dan berinovasi dalam dunia peternakan. Dengan kerja keras dan semangat kebersamaan, saya yakin kita dapat mewujudkan Kabupaten Kulon Progo sebagai salah satu pusat peternakan kambing PE terbaik," kata dia.

Baca juga: Pemkab Kulon Progo diminta perhatikan Pertanian Organik Jatisarono

Baca juga: Menparekraf berupaya kembangkan infrastruktur Menoreh di Kulon Progo

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024