Jakarta (ANTARA) - Direktur World Boxing Associatin (WBA)-Asia Won Kim resmi mengumumkan hadirnya turnamen regional untuk mengangkat perkembangan tinju di Benua Asia agar semakin solid.

"Turnamen regional telah dipresentasikan Won Kim pada konvensi WBA-Asia pertama dan diterima dengan baik oleh seluruh peserta," demikian keterangan dari laman resmi WBA yang dikutip di Jakarta, Selasa.

Turnamen fase pertama terdiri dari kompetisi nasional yang akan dipimpin oleh Vietnam, Uzbekistan, dan China.

Turnamen di negara-negara tersebut akan dimulai pada babak 16 besar dan dilanjutkan dengan petinju yang akan memperebutkan gelar WBA-Asia. Turnamen yang akan dimulai dari babak perempat final dalam berbagai kategori berat yang akan ditentukan kemudian.

Turnamen itu diperuntukkan bagi petinju yang memiliki pertarungan antara nol dan lima karena tujuan utamanya adalah untuk masuk dalam program WBA Future Champions.

Baca juga: Laga tinju Nicholson lawan Jimenez jadi ajang adu keunggulan knockout

Won meyakini turnamen tersebut akan sukses karena mendapat dukungan dari berbagai platform yang bersedia menyiarkannya dan komisi lokal yang sangat bertaruh pada kesuksesan turnamen.

Presiden WBA Gilberto Jesus Mendoza mengaku sangat senang karena WBA-Asia yang dipimpin Won Kim mengikuti contoh yang diberikan WBA yaitu pengembangan tinju yang sistematis.

"Ini mendobrak model lama yang hanya memberikan gelar dan kekhawatiran membuat turnamen jangka panjang yang memaksa yang terbaik untuk menghadapi yang terbaik," ujar Gilberto.

Baca juga: Bertarung ulang, Mayweather dan Gotti saling jaga kehormatan
​​​​​​​
Baca juga: Jake Paul tantang Pereira ke ring tinju setelah tumbangkan Perry

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024