Mamuju (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat meningkatkan sosialisasi mitigasi bencana dan koordinasi antar-instansi sebagai upaya meminimalisasi risiko jika terjadi bencana di daerah itu.

"Sosialisasi mitigasi bencana di tengah masyarakat perlu ditingkatkan guna mengantisipasi dampak negatif sebelum terjadinya bencana, khususnya gempa bumi," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Harian BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah di Mamuju, Selasa.

Baca juga: BPBD Sulbar percepat penanganan bencana melalui aplikasi Sirine

Pentingnya langkah-langkah preventif tersebut, menurut Yasir Fattah, untuk meminimalisasi risiko bencana dan memastikan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat.

Dalam upaya memperkuat mitigasi bencana, Yasir Fattah menegaskan perlunya koordinasi yang solid dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di berbagai instansi pelayanan publik.

"Koordinasi ini sangat diperlukan, terutama di bidang kesehatan, seperti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulbar," ujarnya.

Koordinasi antar-instansi tersebut, lanjut Yasir Fattah, diharapkan dapat mempercepat respons dan meningkatkan efisiensi penanganan saat bencana terjadi.

Ia menyatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan RSUD Sulbar untuk menyediakan layanan trauma healing bagi pasien yang sedang dirawat.

Layanan itu, tambahnya, bertujuan mengatasi gangguan psikologis yang mungkin dialami pasien akibat trauma bencana, seperti kecemasan, panik dan gangguan psikologis lainnya.

Trauma healing tersebut, kata Yasir Fattah, diharapkan dapat membantu pasien untuk lebih cepat pulih secara mental dan emosional, sehingga proses penyembuhan secara keseluruhan dapat berjalan dengan lebih baik.

"Dalam menghadapi bencana, kesiapan bukan hanya tentang kesiapan fisik, tetapi juga kesiapan mental," kata Yasir Fattah.

Baca juga: BPBD Sulbar minta masyarakat waspadai potensi cuaca ekstrem

Baca juga: BPBD: Tidak ada korban jiwa akibat banjir di tiga kabupaten Sulbar


BPBD Sulbar,  kata Yasir Fattah, mengajak seluruh masyarakat untuk terus waspada dan berpartisipasi aktif dalam menghadapi bencana.

"Kami mengajak seluruh masyarakat di Sulbar untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan ikut berpartisipasi dalam menghadapi berbagai risiko bencana," ujar Yasir Fattah.

Pewarta: Amirullah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024