Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) hingga pekan lalu sudah membagikan 7.500 bendera merah putih kepada aneka elemen masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

"Hingga pekan lalu, pendistribusian bendera merah putih di Jakarta Pusat kepada elemen masyarakat telah mencapai 7.500 bendera," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setko Jakarta Pusat, Ishran Prasetyawan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Ishran menyebut, pembagian itu direncanakan hingga satu hari menjelang hari H perayaan HUT RI ke-79 tahun 2024.

"Sasarannya elemen masyarakat seperti RW, PKK, Ormas LMK dan Karang Taruna. Targetnya 10 ribu bendera terakhir di 16 Agustus," ujar Ishran.

Sementara itu, Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Jakarta Pusat melakukan pembagian 40 helai bendera merah putih di permukiman warga RW 08 Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Baca juga: Forkopimko Jakbar bagikan 15 ribu bendera Merah Putih

Kepala Suku Dinas Kominfotik Jakarta Pusat, Lestari mengatakan, pendistribusian bendera merah putih ini dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI tahun 2024.

Pembagian bendera merah putih ini diharapkannya bisa memeriahkan perayaan peringatan HUT RI di lingkungan permukiman warga tersebut.

"Bendera ini kami serahkan langsung ke Ketua RW 08 didampingi oleh anggota LMK (lembaga musyawarah kelurahan) Petojo Selatan," kata Lestari.

Lestari menyebut, pembagian bendera ini diharapkan juga membangun semangat dan memotivasi warga yang ada di lingkungan sekitar Wali Kota Jakarta Pusat untuk terus berkarya mengisi kemerdekaan.
 
Lestari juga menegaskan pembagian bendera merah putih ini juga sebagai wujud semangat kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah kota.

Baca juga: Semarakkan HUT RI, Pemkot Jaktim galakkan bagi-bagi bendera

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) membagikan 500 aksesoris bendera merah putih di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI.

"Kegiatan ini untuk memeriahkan peringatan HUT RI dan mengajak masyarakat tetap menjaga semangat serta mengisi kemerdekaan dengan hal positif," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Pusat, Wiwik Satriani di Jakarta, Senin (12/8).
 
Kegiatan pembagian bendera merah putih ini melibatkan sebanyak 25 Abang dan None Jakarta Pusat Tahun 2024. Pembagian bendera menyasar pengendara dan pejalan kaki yang melintas di kawasan tersebut.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024