Saya setuju adanya renovasi asalkan tetap di sini
Jakarta (ANTARA) - Ketua RT02/RW06 Kelurahan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan  Sukirman menyetujui bantuan renovasi rumah yang terbakar di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada pukul 02.30 Selasa dini hari.
 
"Saya setuju adanya renovasi asalkan tetap di sini," kata Sukirman saat ditemui di Jakarta, Selasa.
 
Sukirman mengatakan masih ingin berada di lokasi itu lantaran sudah nyaman dan segala kemudahan bisa dirasakan.
 
Kemudian, dia juga berharap agar pemerintah bisa cepat memberikan bantuan demi memenuhi kebutuhan di tempat pengungsian.
 
Senada, warga bernama Neni berharap renovasi rumah bisa dilakukan di wilayahnya lantaran telah di tempati sejak tahun 1963.
 
"Enakan di sini, kan kita asli warga sini," ujar Neni.
 
Neni menilai kawasan di sini terbilang terjangkau mulai dari tempat tinggal, makanan hingga akses transportasi.
 
"Di sini apa apa murah, makan rumah, kemana mana gampang, buat pendapatan di bawah UMR pas lah," ujarnya.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta sudah mendistribusikan logistik dan bantuan berupa makanan, sandang, hingga tenda pengungsian.
 
Sebanyak 3.019 jiwa dari 1.050 Kepala Keluarga (KK) yang sudah mengungsi ke tempat lebih aman berdasarkan pendataan sementara.
 
Lokasi pengungsian saat ini ada di pergudangan Infinia, Jalan Minangkabau, Masjid Al Falah di RW 07, parkiran Stasiun KA Bandara Manggarai dan SDN 05 Manggarai di RW 09.
 
Sebelumnya, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan mengerahkan 120 personel untuk memadamkan api di Jalan Remaja 5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.
 
Kebakaran yang melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Remaja, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan berhasil dikendalikan setelah petugas pemadam kebakaran (damkar) menjebol pagar pembatas komplek pertokoan.
 
BPBD DKI Jakarta menyatakan tujuh orang terluka akibat kebakaran pemukiman padat penduduk yang terjadi di Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan.
Baca juga: Warga pilih mengungsi ke Stasiun KA Bandara Manggarai imbas kebakaran
Baca juga: Penyebab kebakaran di Manggarai diduga dari pengisian daya ponsel
Baca juga: Jaksel siapkan pengungsian bagi warga terdampak kebakaran Manggarai

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024