pembangunan urban farming dilaksanakan setelah Sudin Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) sudah memulai pembangunan
Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat tengah membahas budi daya yang cocok untuk lahan pertanian perkotaan (urban farming) di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Johar Baru yang tengah memasuki tahap pembangunan.
 
"Kami masih membahas tanaman apa saja dan metode. Kita siapkan desain dan polanya apakah konvensional di lahan atau lainnya," kata  Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti di RPTRA Gondangdia Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Penty mengatakan pembangunan urban farming dilaksanakan setelah Sudin Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) sudah memulai pembangunan.
 
Sehingga, bentuk dan model urban farming nantinya misal sistem hidroponik atau konvensional ataupun sistem pot hidroponik untuk tanaman dan sayuran.
 
"Nanti kami masuk setelah selesai. Kemarin kan baru perobohan bangunannya, nanti kita masuk setelah ditata Sudin Tamhut, kita terus berkoordinasi juga dengan Sudin lainnya," ujar Penty.
 
Sebagaimana diketahui, Eks bangunan milik Pemprov DKI Jakarta di Jalan Kramat Jaya Baru IV, Johar Baru, Jakarta Pusat akan difungsikan sebagai ruang terbuka biru yang dilengkapi lintasan lari (jogging track) sebagai fasilitas warga berinteraksi.
 
"Bangunan dengan luas 982 meter persegi ini nanti 20 persen jadi ruang terbuka biru, selebihnya jadi ruang interaksi sosial, lahan pertanian perkotaan (urban farming), area hijau, sarana olahraga seperti jogging track, dan lain-lain," kata Kepala Sudin Tamhut Jakarta Pusat Mila Ananda di Jakarta, Selasa.
 
Mila mengatakan lokasi ini tidak hanya dipenuhi oleh beragam tanaman pelindung, hias, pohon (vegetasi), tetapi juga pihaknya bekerja sama dengan Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakpus untuk membangun tangkapan air atau embung (ruang terbuka biru).
 
"Jadi ruang terbuka biru nantinya menjadi tangkapan air atau embung sebagai pengendali genangan di sekitar Johar Baru. Karena kan di sini katanya masih ada genangan, nah ini menjadi lokasi pengendali genangan di kawasan sekitar sini," ujar Mila.
 
Selain itu, Mila menjelaskan ruang terbuka Johar Baru juga diisi dengan lahan pertanian perkotaan (urban farming) berkoordinasi dengan Sudin KPKP Jakpus terkait konsep dan desain.
Baca juga: Jakpus sasar 200 warga tingkatkan kreativitas olahan pangan
Baca juga: Pemkot Jakpus manfaatkan lahan kosong untuk ketahanan pangan
Baca juga: Sudin KPKP Jakpus gandeng PKK untuk jangkau balita penuhi gizi

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024