Penghargaan ini akan memotivasi perusahaan untuk meningkatkan kontribusinya dalam menjaga lingkungan yang mana bukan hanya di area perusahaan tapi juga lingkungan sosial masyarakat Kabupaten Gresik
Gresik (ANTARA) - Petrokimia Gresik yang merupakan perusahaan Solusi Agroindustri, anggota holding Pupuk Indonesia, mendukung keberlanjutan lingkungan masyarakat Kabupaten Gresik, Jawa Timur, hingga mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, penghargaan tersebut diperoleh lantaran Petrokimia mendorong Program Kampung Lingkungan (ProKlim) KLHK dengan mengurangi dampak aktivitas perusahaan terhadap masyarakat sekitar.

“Penghargaan ini akan memotivasi perusahaan untuk meningkatkan kontribusinya dalam menjaga lingkungan yang mana bukan hanya di area perusahaan tapi juga lingkungan sosial masyarakat Kabupaten Gresik,” katanya di Gresik, Jawa Timur, Selasa.

Dwi menuturkan, Petrokimia Gresik sebagai produsen pupuk dan bahan kimia memiliki 31 pabrik sehingga tidak memungkiri akan memberi dampak terhadap lingkungan.

Meski demikian, dalam operasional bisnisnya, Petrokimia Gresik berupaya meminimalisasi dampak termasuk dengan mendukung ProKlim untuk mengurangi dampak pemanasan global serta meningkatkan kapasitas masyarakat dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Upaya Petrokimia Gresik dalam mencegah terjadinya perubahan iklim salah satunya dengan melakukan pembinaan terhadap masyarakat Kabupaten Gresik melalui program pengelolaan sampah serta efisiensi penggunaan air bersih.

Selain itu, juga terdapat program sanitasi berbasis masyarakat, pengembangan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kapasitas UMKM dan kegiatan lingkungan sosial lainnya.

Baca juga: Petrokimia Gresik siap tingkatkan kontribusi terhadap lingkungan
Baca juga: Petrokimia Gresik dukung kesejahteraan petani lewat Kampung Makmur
Baca juga: Petrokimia Gresik mulai operasikan pusat riset Agro Tech Center

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024