Waspada tinggi gelombang 2,5 hingga tiga meter yang diprakirakan terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, dan Samudera Hindia barat Nias
Medan (ANTARA) - Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Sumatera Utara, mengingatkan nelayan dan pemangku kepentingan lainnya agar waspada kemungkinan terjadinya gelombang tinggi tiga meter yang berpotensi terjadi di Samudera Hindia barat Nias.

Kondisi gelombang tinggi tersebut diprakirakan berpotensi terjadi pada Selasa (13/8) malam hingga Rabu (14/8) pagi yang juga dapat terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh dan Samudera Hindia barat Aceh

"Waspada tinggi gelombang 2,5 hingga tiga meter yang diprakirakan terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, dan Samudera Hindia barat Nias," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Indah Riandiny di Medan, Selasa.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang hingga 2,5 meter di sejumlah perairan Sumatera

Mengingat potensi gelombang yang dapat mencapai tiga meter tersebut, kata dia, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diminta untuk selalu waspada.

Demikian juga kepada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar, agar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Pola angin di perairan Sumatera bagian utara umumnya dari utara hingga tenggara dengan kecepatan dua sampai 20 knot," katanya.

Baca juga: Waspadai gelombang 2,5 meter di Samudera Hindia bagian barat Nias

Sementara berdasarkan data dari BBMKG Wilayah I Medan, cuaca di Sumatera Utara pada Rabu (14/8) pagi berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Nias Selatan, Nias Utara dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir di Dairi, Humbang Hasundutan, Phakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Utara.

Malam hari berpotensi hujan ringan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara dan dini hari hujan ringan di Deli Serdang, Labuhanbatu Selatan, Langkat, Mandailing Natal, Nias Selatan, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.

Baca juga: BMKG: Sejumlah perairan Indonesia berpotensi terjadi gelombang tinggi

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024