Kegiatan ini bertujuan untuk memicu dan memacu peran serta perpustakaan sebagai suatu entitas membangun kegiatan yang sifatnya agar anak-anak memiliki karya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) meningkatkan kompetisi dan inovasi anak melalui kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) Kota Administrasi Jakarta Pusat 2024.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk memicu dan memacu peran serta perpustakaan sebagai suatu entitas membangun kegiatan yang sifatnya agar anak-anak memiliki karya," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) DKI Jakarta, Firmansyah Wahid di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Selasa.
 
Firmansyah menyebut sebanyak 275 anak memeriahkan kegiatan Hanjaba Jakarta Pusat tahun 2024 yang mengusung tema "Dari Baca Jadi Karya untuk Jakarta". Kegiatan ini diharapkan menjadi stimulan bagi anak agar mampu berkompetisi dan berinovasi dengan konsep kegiatan yang sifatnya rekreatif.
 
Kegiatan Hanjaba ke depan akan diisi lebih banyak jenis lomba agar bisa menciptakan generasi unggul di masa yang akan datang. Kemudian, bisa saja kegiatan ini dilaksanakan secara daring agar bisa mengakomodir lebih banyak peserta.
 
"Menggambar jadi salah satu lomba di kegiatan ini. Literasi itu tidak hanya tekstual, bagaimana menggambar adalah bentuk grafis yang meningkatkan kreatifitas anak agar lebih kompetitif dan inovatif," ujar Firmansyah.
 
Sementara itu, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekko Jakarta Pusat, Reza Pahlevi mengatakan, kegiatan ini merupakan momen istimewa yang dirancang untuk memberikan wadah bagi siswa di wilayah Jakarta Pusat mengeksplorasi bakat serta keterampilan.
 
Setiap lomba dalam kegiatan telah dipilih dengan cermat untuk mendukung perkembangan dan keterampilan siswa.
 
"Saya berharap anak-anak dapat mengeksplorasi kreativitas diri dalam suasana yang menyenangkan. Kami percaya memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba membuat mereka termotivasi terus belajar," kata Reza.
 
Adapun Kepala Suku Dinas Pusip Jakarta Pusat, Irwan Septinadi menambahkan kegiatan terdiri dari kategori usia tingkat SD berupa lomba menggambar dan mewarnai diikuti sebanyak 100 peserta, lomba bertutur sebanyak 25 peserta dan lomba puisi 25 peserta.
 
Sedangkan kategori peserta usia tingkat SMP meliputi lomba pidato diikuti sebanyak 25 peserta dan lomba komik strip sebanyak 100 peserta. Hasil dari kegiatan lomba nantinya akan memutuskan sebanyak 25 pemenang Juara I hingga Harapan I dari setiap kategori lomba.
 
Kemudian, pemenang Juara I hingga Juara III secara otomatis akan mewakili Jakarta Pusat ke event serupa di tingkat Provinsi DKI Jakarta.
 
"Pengumuman akan dilakukan Kamis lusa dihadiri Bunda Literasi Jakarta Pusta. Sekaligus pengumuman pemenang lomba perpustakaan tingkat SD dan SMP, serta pemenang lomba menulis jenjang SD, SMP dan SMA," ucap Irwan.
Baca juga: Bunda Literasi dan Duta Baca jadi penggerak budaya gemar membaca
Baca juga: Pemkot Jakpus selenggarakan Roadshow Bunda Literasi
Baca juga: Guru Besar UIN Jakarta: Literasi digital jauhkan keluarga dari masalah

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024